Penyebab Benjolan di Leher

Apakah bisa menyembuhkannya soalnya saya baru sadar 1 tahun yang lalu sampai sekarang masih ada sebenarnya penyakit apa yang saya derita

Lihat Selengkapnya
pria, 21 Tahun06 Feb 2017, 01:11 WIB

dr. Karunia Ramadhan

Dijawab oleh:

dr. Karunia Ramadhan

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.


Kami memahami kekhawatiran Anda. Untuk mendiagnosis benjolan, perlu diketahui jumlah, ukuran, lokasi tepat, warna, kekenyalan, apakah mudah digerakkan, permukaannya, apakah semakin membesar dengan cepat, dll. Apakah benjolan pada bagian bawah telinga Anda tersebut memiliki konsistensi lunak atau keras?


Salah satu penyebab benjolan yang umum adalah kelenjar getah bening. Benjolan akibat pembesaran kelenjar getah bening biasanya sifatnya kenyal, mudah digerakkan, permukaannya rata dan seringkali disebabkan oleh infeksi atau radang. Apakah Anda sedang sakit (pilek, batuk, sakit telinga, dll)? Jika infeksi di sekitar daerah leher atau wajah sudah teratasi maka pembesaran kelenjar getah bening biasanya juga ikut mengempis. Kelenjar getah bening memang terdiri dari sel-sel imunitas tubuh yang melakukan perlawanan terhadap infeksi atau radang, sehingga bila terjadi infeksi maka kelenjar getah bening cenderung membesar.
Jika benjolan disertai tanda-tanda peradangan, seperti kemerahan dan nyeri maka yang terjadi dapat berupa peradangan disertai infeksi (adanya kuman). Peradangan ditambah dengan adanya kuman akan mengakibatkan terbentuknya abses/nanah.

Sementara itu benjolan yang bersifat kanker biasanya akan membesar dengan cepat, permukaannya kasar, sifatnya keras, sulit digerakkan. Penyebab lain benjolan adalah lipoma (tumor jinak jaringan lemak).

Jika memang benjolan tersebut mengkhawatirkan, sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut, diagnosis dini dan penanganan yang optimal.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk