Mual Setelah Minum Susu

Info Penanya, wanita 23 Tahun

Dok saya mau tanya, akhir akhir ini setiap saya minum susu setelahnya saya merasa mual dan perut berasa tidak enak terasa begah. Apakah itu termasuk intoleransi laktosa? Terima kasih

10 Feb 2017, 07:49 WIB
dr. Karunia Ramadhan
dijawab oleh: dr. Karunia Ramadhan

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultaasi Klikdokter.com

'Enek' atau mual meruapakan sensai tidak nyaman pada perut bagian atas sehingga menimbulkan rasa ingin muntah. Jika anak anda terus-menerus mual setiap selesai minum susu, maka perlu dipikirkan adanya penyebab intoleransi laktosa. Penyebabnya adalah produksi laktase dalam tubuh Anda yang kurang. Pada kebanyakan mamalia, produksi laktase berangsur-angsur memang menurun seiring pertambahan usia. Dan hal itu juga terjadi pada manusia. Jadi tak heran kalau ada di antara anak mengalami intoleransi laktosa itu.

Laktase sendiri merupakan enzim yang dihasilkan usus kecil, yang berfungsi memecah laktosa yang terkandung dalam susu agar dapat diserap oleh tubuh. Sementara laktosa merupakan bentuk disakarida dari karbohidrat yang dapat dipecah menjadi bentuk lebih sederhana, yaitu galaktosa dan glukosa. Laktosa ada di dalam kandungan susu, dan merupakan 2-8 persen bobot susu keseluruhan.

Pada pengidap intoleransi laktosa, proses pemecahan laktosa tidak berlangsung sempurna. Akibatnya, laktosa yang tidak tercerna itu akan masuk dalam usus besar dan dicerna oleh bakteri yang ada di dalamnya. Perut pun menjadi kembung karena berisi banyak gas dan diare.

Untuk memastikan kondisi ini Dibutuhkan lebih banyak informasi dari wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan penunjang untuk menyakinnya. Untuk itu,kami sarankan Anda mengunjungi dokter mengenai keluhan Anda tersebut.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

10 Feb 2017, 07:49 WIB