Penyakit Syaraf Wajah

Info Penanya, pria 22 Tahun

Dok, Apa penyebab terjadinya syaraf wajah dan bagaimana cara mengobati penyakit syaraf wajah, terima kasih

10 Feb 2017, 07:56 WIB
dr. Karunia Ramadhan
dijawab oleh: dr. Karunia Ramadhan

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi Klikdokter.

Ada beberapa keterangan yang sayangnya tidak Anda ceritakan,misalnya keluhan apa yang Anda rasakan terkait penyakit syaraf pada wajah yang Anda sebutkan. Apakah berkedut ataupun wajah 'mencong' sebelah, atau yang lain?

Pada wajah yang mencong sebelah terdapat kelumpuhan otot yang berkaitan dengan syaraf fasial (syaraf ketujuh), yang sering disebut bell's palsy atau facial spasm. facial spasm adalah kelainan neuromuskular yang tanda-tandanya juga adalah kontraksi otot namun biasanya hanya pada satu sisi wajah. Gejala awalnya umumnya kedutan hilang timbul yang terus menerus pada kelopak mata, yang lama kelamaan dapat menyebabkan mata sulit dibuka. Penyebabnya di antaranya karena adanya cedera otot wajah, dan juga dapat disebabkan oleh adanya pembuluh darah yang menekan pangkal syaraf wajah.

Mohon maaf kami belum dapat menjawab pertanyaan Anda secara sempurna sebab keterbatasan informasi yang kami miliki. Kami sarankan agar Anda segera berkonsultasi kepada dokter spesialis saraf untuk mendapatkan pemeriksaan dan penaganan lebih lanjut jika keluhan yang Anda rasakan semakin berat.

Demikian saran saya, semoga dapat membantu Anda.

10 Feb 2017, 07:56 WIB