Tanda Kehamilan Awal

Info Penanya, pria 28 Tahun

Salam, Selamat Siang Dok, Saya Mens biasanya Normal di setiap tanggal 4 (tiap bulannya) tanggal 4 feb 17 ini saya mens hari pertama selama 4 hari saja, lalu tanggal 16-17 Feb saya HB dengan suami, seminggu kemudian saya mersakan gejala kehamilan,,seperti perut terasa lebih kencang(kembung) merasa mual ringan, pusing, lemas tidak berselera. tetapi di tanggal 26 februari ini saya keluar darah lagi seperti mens, apakah saya ada kemungkinan bisa positif hamil? Mohon informasinya Dok Terima Kasih

11 Apr 2017, 13:09 WIB
dr. Muhammad Anwar Irzan
dijawab oleh: dr. Muhammad Anwar Irzan

Halo, terima kasih telah bertanya tentang gejala awal kehamilan menggunakan fitur Tanya Dokter

Tanda kehamilan yang pertama adalah telatnya menstruasi. Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

sering berkemih
pembesaran dan nyeri payudara
mual
perasaan lelah
daerah sekitar puting susu menghitam
peningkatan suhu tubuh
flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding Rahim, dsb
Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja.

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
terlihat gambaran janin pada USG atau scanning
Di awal kehamilan, benjolan pada perut memang sulit diraba mengingat ukurannya yang masih sangat kecil. Akantetapi lewat USG umumnya kantung janin sudah dapat terlihat di minggu ke 5 kehamilan.

Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Adapun obat maag yang sebelumnya Anda minum umumnya tidak mempengaruhi kasih testpack tersebut. Untuk selanjutnya saya anjurkan Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan agar kehamilan Anda dapat dievaluasi secara menyeluruh.

Kami ucapkan selamat atas kehamilan Anda. Semoga Ibu dan bayi selalu sehat ya.

Salam,

11 Apr 2017, 13:09 WIB