Mengatasi Infeksi Telinga

Info Penanya, pria 12 Tahun

Dokter, saya mengalami infeksi ditelinga kanan, setelah diperiksa, saya diberi amocixillin, Paracetamol, dan methylprednisolone. Setelah saya minum untuk pertama kalinya, perut bagian kiri bawah saya tiba2 terasa sakit bahkan hingga utk mengangkat kaki kiri terasa sakit. Tapi tiba2 itu hilang. Sebelumnya juga pernah mengalami hal serupa tetapi yang terjadi adalah murah, dan sakit perut

11 Apr 2017, 16:14 WIB
dr. Muhammad Anwar Irzan
dijawab oleh: dr. Muhammad Anwar Irzan

Terima kasih telah bertanya tentang keluhan Infeksi telinga menggunakan Tanya Dokter

Umumnya infeksi telinga akan menimbulkan rasa nyeri pada telinga dan bahkan ketika rahang digerakkan. Pada otitis eksterna yang berlangsung lama atau kronik ada kemungkinan infeksi tersebut menyebar ke tulang di sekitar telinga disebut osteomielitis. Hal ini dapat mengakibatkan sakit kepala setiap kali terjadi serangan infeksi akut.

Selama belum sembuh total sebaiknya hindari masuknya air ke liang telinga anda untuk menghindari infeksi yang lebih lanjut jadi sebisa mungkin hindari kegiatan seperti berenang atau menyelam.dan jangan memasukan benda asing ke dalam telinga.

Kotoran telinga yang menyumbat saluran telinga, dan jika ini dibiarkan kotoran tersebut dapat mengeras/serumen prop. Kotoran telinga merupakan produk yang dihasilkan oleh kelenjar di liang telinga yang akan melapisi kulit liang telinga serta melindungi telinga dari kerusakan dan infeksi.

Karena sifatnya yang kental dan lengket, maka serumen mampu menangkap debu dan bakteri serta mencegahnya masuk ke bagian telinga yang lebih dalam. Serumen terdiri dari asam lemak tersaturasi dan keasamannya mampu melawan bakteri yang masuk. Kotoran telinga alami diproduksi oleh tubuh manusia. Pada anak-anak dan orang dewasa yang memproduksi kotoran telinga berlebih memiliki kecenderungan untuk mengalami sumbatan telinga karena adanya penumpukan kotoran telinga. Kotoran telinga yang mengeras dapat memyumbat liang telinga. Apa yang anda keluhkan terkait masalah pencernaan kemungkinan akibat dari efek samping obat. Perlu disesuaikan dosis dan waktu konsumsi oleh dokter yang memberikan.

Mengenai pengobatan otitis externa biasanya dokter akan memberikan obat tetes telinga,antibiotik,dan obat anti inflamasi.Saya menyarankan agar Anda berobat kembali ke dokter spesialis THT yang menangani Anda karena untuk mendapatkan diagnosis yang tepat perlu dilihat bagian dalam telinga anda dengan alat khusus.

Semoga bermanfaat penjelasan Kami mengenai tentang infeksi telinga,

salam

11 Apr 2017, 16:14 WIB