Vagina Basah Saat Sedang Terangsang

Info Penanya, wanita 27 Tahun

Dok, saya mau tanya.. mengapa saat terangsang, cairan kewanitaan saya keluar begitu banyak, dan aromanya sedikit berbau. Saya tidak bisa menjelaskan seperti apa baunya, yang jelas ada berbau. Namun cairan tersebut bening, dan tidak gatal. Mohon informasinya ya Dok. Apakah seperti itu normal ataukah ada indikasi infeksi?

11 Apr 2017, 16:25 WIB
dr. Muhammad Anwar Irzan
dijawab oleh: dr. Muhammad Anwar Irzan

Terima kasih telah bertanya tentang keluhan vagina saat terangsang menggunakan Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Vagina mengeluarkan cairan saat terangsang merupakan keadaan yang wajar. Kelenjar-kelenjar pada vagina dan mulut rahim (serviks) memproduksi cairan dalam jumlah sedikit. Cairan ini mengalir keluar dari vagina setiap hari, membawa sel-sel tua dinding vagina. Dengan proses ini, vagina dijaga agar tetap sehat dan bersih. Cairan ini normal dan biasanya bening atau sedikit seperti susu dan tidak berbau. Warna dan kekentalan cairan berganti-ganti selama siklus menstruasi. Cairan akan lebih kental ketika terjadi ovulasi (dikeluarkannya sel telur dari indung telur), ketika menyusui, atau ketika terangsang secara seksual seperti yang terjadi pada Anda.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

Demikian informasi tentang keluhan vagina saat terangsang, semoga bermanfaat.

 

Salam,

11 Apr 2017, 16:25 WIB