Gejala Infeksi Paru

Info Penanya, pria 30 Tahun

Apakah sering mengalami demam, tulang belakang sakit, tenggorokan sakit, kepala pening, dada panas, perut kembung , diare, mual dan cepat drop dalam waktu yang bersamaan itu merupakan gejalah penyakit paru..?

11 Apr 2017, 16:32 WIB
dr. Muhammad Anwar Irzan
dijawab oleh: dr. Muhammad Anwar Irzan

Terima kasih telah bertanya tentang gejala infeksi paru menggunakan Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Sebelum menjawab pertanyaan Anda kami ingin mengajukan pertanyaan. Apakah yang dimaksud oleh Anda hasil rontgen postif itu, positif terkena TB Paru atau negatif tidak ditemukan kelainan di paru? pemeriksaan darah jenis apa yang Anda lakukan? hasil

Sayang sekali disini kami kurang dapat menjelaskan lebih lanjut karena keterbatasan data yang Anda sampaikan, gejala apa yang Anda alami saat ini?

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman Mycobacterium tuberculosis yang bersifat sistemik, yang dapat bermanifestasi pada hampir semua organ tubuh dengan lokasi terbanyak di paru yang biasanya merupakan lokasi infeksi primer. TBC ditularkan melalu droplet/udara.

Gejalanya berupa: batuk lebih dari 3 minggu, batuk darah, sesak napas, nyeri dada, berat badan turun, nafsu makan turun, berkeringat pada malam hari, demam yang tidak tinggi, dan mudah lelah. Apakah Anda memiliki beberapa gejala di atas?

TBC ditularkan melalui udara, jadi yang terpenting adalah menjaga daya tahan tubuh dan mencegah kontak langsung.

Demikian, semoga informasi tentang gejala infeksi paru ini bermanfaat.

 

Salam sehat,

11 Apr 2017, 16:32 WIB