Pemeriksaan Jantung

Info Penanya, wanita 52 Tahun

Halo dok, ibu saya di diagnosa artherosclerotic cardiovascular disease. Ibu saya sudah ekg, tes darah dan rontgen. Kemarin ibu saya dijadwalkan untuk melakukan treadmill tetapi tidak bisa karena kondisi kakinya sedang sakit. Lalu diganti dengan tes yang berbeda. Masalahnya saya lupa dengan jenis perlakuannya dan di kertas tulisannya tidak bisa saya baca. Kemungkinan perlakuan apa yang ibu saya dapatkan dok ? Lalu kenapa pada tes ini berbeda dengan treadmill yang diharuskan berhenti minum obat concor selama 3 hari ?

11 Apr 2017, 17:24 WIB
dr. Muhammad Anwar Irzan
dijawab oleh: dr. Muhammad Anwar Irzan

Terima kasih telah bertanya tentang keluhan jantung menggunakan layanan Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk pemeriksaan organ jantung, setelah melewati pemeriksaan oleh dokter umum, jika memang dicurigai adanya gangguan berat yang tidak dapat ditangani pada pelayanan medis tingkat pertama, ibu Anda dapat dirujuk pada spesialis Penyakit dalam maupun Spesialis Jantung. Anda dapat meminta surat rujukan tersebut pada dokter umum yang telah memeriksa ibu Anda sebelumnya.

Pemeriksaan yang sering dilakukan ialah rekam jantung, usg jantung, treadmill hingga pemeriksaan kontras untuk melihat pembuluh darah. Hubungi kembali dokter jantung yang merawat ibu anda untuk informasi yang lebih lengkap.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

11 Apr 2017, 17:24 WIB