Penyebab Sulit Hamil

Info Penanya, pria 22 Tahun

dok,saya sudah menikah hampir 1 tahun... tapi saya belum hamil juga dok,,, dan saya 5 bulan trahir ini tidak mengalami haid dok... tolong di jawab ya dok,ada apa dgn saya ini.?

16 Jun 2017, 19:17 WIB
dr. Rio Aditya
dijawab oleh: dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar penyebab sulit hamil melalui fitur Tanya Dokter

Kami memahami keinginan Anda untuk memiliki keturunan.

Secara medis, infertilitas primer (ketidaksuburan tanpa adanya kelainan organ kandungan yang jelas) diartikan sebagai belum hamil setelah 1 tahun menikah, dengan catatan hubungan intim dilakukan secara rutin dalam frekuensi 2-3 kali/minggu. Bila frekuensi hubungan intim kurang dari itu, tidak bisa dikatakan infertil (tidak subur).

Apabila telah memenuhi kriteria infertilitas primer di atas, maka perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk mencari penyebabnya, baik dari pihak suami maupun istri. Jika Anda sudah menjalankan pemeriksaan USG rahim, terdapat pemeriksaan lain seperti HSG ataupun kadar hormon. Namun tentunya kedua jenis hormon tersebut dilakukan jika diperlukan dan jika dicurigai adanya kelainan yang mengarah kesana. Selain Anda, suami Anda juga perlu menjalani beberapa pemeriksaan seperti anatomi organ reproduksi dan analisis sperma. Pemeriksaan analisis sperma dapat menjadi acuan informasi mengenai kesehatan sperma.

Berikut ini adalah penyebab sulit hamil dari sisi wanita dan pria:

Faktor wanita:

  • Pada wanita, ketidaksuburuan dapat terjadi karena adanya infeksi pada vagina
  • Ketidaknormalan kondisi organ reproduksi wanita
  • Tidak normalnya jumlah lendir pada vagina akibat pengaruh hormon sehingga dapat menghambat perjalanan sperma untuk bertemu dengan sel telur.

Faktor pria:

  • Ketidaksuburan dapat terjadi akibat tidak normalnya sperma,baik itu bentuknya,jumlahnya,
    maupun pergerakannya.
  • Dapat juga dikarenakan ketidakmampuan ereksi
  • Proses ejakulasi yang abnormal
  • infeksi pada organ reproduksi

Untuk mengetahui penyebab ketidaksuburan, hendaknya Anda dan pasangan memeriksakan diri ke dokter, untuk dilakukan pemeriksaan, baik itu pemeriksaan fisik untuk mengetahui apakah terdapat ketidaknormalan pada organ reproduksi ataupun pemeriksaan penunjang untuk mengetahui apakah ada masalah hormon atau ketidaknormalan sperma.

Kemungkinan anda mengalami kelainan atau gangguan pada organ reproduksi anda sehingga siklus menstruasi menjadi terganggu. Kami sarankan anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan, dan untuk suami anda berkonsultasi dengan dokter spesialis urologi/andrologi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

16 Jun 2017, 19:17 WIB