Biduran pada Ibu Hamil 05 September 2017 - Tanya Dokter Klikdokter.com
searchtext customer service

Biduran pada Ibu Hamil

Dok saya hamil yg pertama sekrg usia kandungan 17 week, terjadi gejala gatal2 dan timbul bintik2 biduran di sekitar perut, apakah ini hal yg wajar atau berbahaya untuk kandungan saya di usia kandungan yg sekarnag dok?

Lihat Selengkapnya
wanita, 27 Tahun05 Sep 2017, 03:25 WIB

dr. Aryogi Rama Putra

Dijawab oleh:

dr. Aryogi Rama Putra

Terima kasih telah bertanya mengenai biduran pada ibu hamil melalui fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya, kami perlu mengetahui informasi lebih jauh mengenai masalah kulit Anda seperti, ukuran, bentuk, luasnya, daerah sekitarnya, adakah keluhan gatal, atau keluhan lainnya? apakah keluhan menetap atau hilang timbul? Sudahkah Anda melakukan test alergi?

Gatal merupakan efek dari adanya pelepasan mediator kimiawi tertentu di kulit. Akan tetapi gatal sendiri bisa berkaitan dengan penyakit kulit dan penyakit lain dalam tubuh yang bisa memunculkan gejala di kulit. Penyakit kulit pun bermacam macam seperti infeksi, alergi, reaksi alergi obat, autoimun, dan lain lain.

Biduran disebut dengan istilah urtikaria. Urtikaria bisa berkaitan dengan alergi, makanan ataupun obat, gesekan pada kulit, paparan tanaman penyebab gatal, gigitan serangga dan lain lain. Pada kehamilan, terutama trimester II dan III, melalui mekanisme yang tidak dipahami, bisa sering muncul adanya biduran yang akan hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, karenya banyak kondisi lain yang menyebabkan keluhan yang sama maka perlu dievaluasi dengan pemeriksaan wawancara (anamnesia) dan pemeriksaan penunjangseperti uji cukit kulit untuk mengetahui penyebab biduran yang ibu Anda alami.

Pengobatan umumnya bisa diberikan berupa obat radang oles dan obat gatal yang diminum.

Kami menyarankan Anda untuk  kontrol pada dokter spesialis kulit dan kelamin atau dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk evaluasi 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai biduran. Semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat