Susu untuk Anak Alergi

Info Penanya, pria 24 Tahun

Selamat sore, saya menanyakan anak saya usia 4 bulan, dari usia 1 bulan mengkonsumsi susu formula BMT PHP usia 0-6 bulan... Dulu dokter SPA di sidoarjo menyarankan untuk BMT PHP karena anak saya alergi... Terus kalau anak saya menginjak usia 6 bulan harus ganti susu formula apa? Sedangkan BMT PHP tahap 2 tidak ada? Apakah bisa diganti BMT platinum???

21 Oct 2017, 11:58 WIB
dr. Aryogi Rama Putra
dijawab oleh: dr. Aryogi Rama Putra

Terima kasih sudah bertanya mengenai alergi susu sapi melalui fitur Tanya Dokter di Klikdokter

Pengobatan dasar yang efektif untuk alergi susu sapi adalah dengan menghindari susu sapi atau produk turunannya sebagai penyebab munculnya reaksi alergi serta mempertahankan gizi seimbang untuk bayi.

Bila anak ibu mendapat ASI maka tidak perlu khawatir, ibu hanya perlu menhindari makanan yang berasal dari susu sapi dalam membuatkan MPASI atau makanan anak. Namun untuk beberapa kondisi medis tertentu, seperti anak dengan susu formula dianjurkan dianjurkan penggunaan formula partially hydrolyzed and extensive hydrolyzed atau biasanya disebut dengan susu hipoalergenik, dan susu kedelai (soy) untuk anak diatas 6 bulan bila terkendala masalah biaya. Perlu diingat bila lebih dari 6 bulan, maka harus memperhatikan proporsi MPASI juga.

Pada umumnya alergi susu sapi tidak menetap, sebagian besar penderita akan menjadi toleran sesuai dengan pertambahan usia. Umumnya diketahui bahwa alergisusu sapi akan membaik pada usia 3 tahun, 50% pada usia 1 tahun. Pada beberapa kasus, toleransi bisa lebih cepat yang dapa dibuktikan dengan uji provokasi. Bila kelainan diperantarai IgE maka provokasi harus ditunda lebih lam

Demikian informasi mengenai alergi susu, semoga informasi ini bermanfaat.

21 Oct 2017, 11:58 WIB