Belum Punya Anak Setelah 1 Tahun Menikah

Info Penanya, pria 25 Tahun

selamat pagi dok.. q udh nikah 1 thn tpi pngn cepat punya momongan cara ea gmn ea dok. pdhl q telat datang bulan 1 mnggu tpi pas q tes pack hsl ea negatif. gmna cara ea biar cpt hamil tyuz q hrz mnm susu apa.

24 Oct 2017, 13:42 WIB
dr. Andika Widyatama
dijawab oleh: dr. Andika Widyatama

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Belum Punya Anak Setelah 1 Tahun Menikah.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Secara medis, kondisi yang Anda alami disebut dengan infertilitas primer yang diartikan sebagai belum hamil setelah 1 tahun menikah, dengan catatan hubungan intim dilakukan secara rutin dalam frekuensi 2-3 kali/minggu. Bila frekuensi hubungan intim kurang dari itu, tidak bisa dikatakan infertil (tidak subur). Selengkapnya bisa Anda baca di sini: Penyebab Sulit Hamil.

Sebelum Anda melakukan tips berikut, sebaiknya diketahui dulu 4 Poin Penting Agar Bisa Hamil sebagai prasyarat. Keempat hal itu yang mendasari pemeriksaan apa yang diperlukan untuk mengevaluasi penyebab sulit hamil.

Berikut ini adalah tips alami agar cepat hamil:

1. Tentukan masa subur Anda

Masa subur berlangsung selama 6 hari, yaitu pada 2 hari sebelum ovulasi (pelepasan sel telur) hingga 3 hari setelah ovulasi. Kemungkinan hamil akan tinggi bila hubungan intim di-lakukan pada waktu-waktu ini.

Selengkapnya dapat Anda baca di sini: Seputar Masa Subur.

2. Maksimumkan kesuburan Anda, dengan:

-Berhubungan intim dengan teratur 2-3x/minggu-Berhubungan intim setiap hari di masa subur-Lakukan gaya hidup sehat dengan mempertahankan berat badan yang baik/ideal, berolahraga 3-4x/minggu, membatasi konsumsi kafein dan teh, dan mengelola stres-Sediakan waktu untuk konseling pra kehamilan dengan dokter kebidanan Anda, tujuannya agar kesehatan Anda bisa dievaluasi secara menyeluruh dan mengetahui apa saja yang harus diperbaiki/diantisipasi terkait dengan riwayat kesehatan Anda-Minum vitamin untuk kesehatan janin, terutama asam folat

3. Hindari hal-hal berikut ini: Merokok, konsumsi alkohol, minum obat-obatan tanpa saran dokterExercise yang berlebihan 

4. Carilah waktu untuk berlibur bersama pasangan Anda agar tubuh dan pikiran rileks.

Karena itu, agar peluang hamil meningkat, disarankan untuk berhubungan intim 2-3 kali per minggu.

Bila Anda ingin program hamil, kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter kebidanan konsultan fertilitas (SpOG-KFER). Dokter-dokter ini biasanya berpraktik di rumah sakit-rumah sakit besar (tipe B atau A).

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Belum Punya Anak Setelah 1 Tahun Menikah. Semoga bermanfaat.

Salam,

24 Oct 2017, 13:42 WIB