Waktu Senggama dan Kehamilan

Info Penanya, pria 27 Tahun

Dok saya udah 2bulan menikah, istri saya udh konsumsi prenagen esensis udah mau 3 box tpi blum dpet tanda2 khamilan, apakah waktu melakukan brhubungn juga brpengaruh dok ? Bagusan malem sebelum tdur atau pagi2 pas bangun tidur ?

05 Nov 2017, 13:48 WIB
dr. Aryogi Rama Putra
dijawab oleh: dr. Aryogi Rama Putra

Terimakasih Anda telah bertanya seputar syarat terjadinya kehamilan melalui fitur Tanya Dokter

Saya mengerti kekhawatiran Anda

Terdapat 2 komponen penting dalam syarat terjadinya kehamilan, yaitu

  • Sel telur wanita. Hanya dikeluarkan 1 kali pada tiap siklusnya, disebut sebagai proses ovulasi. Bertahan 24 jam pada saluran tuba rahim, kemudian akan meleburkan diri jika tidak dibuahi.
  • Sperma.

Jika dikeluarkan didalam vagina wanita, akan dapat bertahan hidup hingga 5 hari.Kehamilan dapat terjadi bila ada pembuahan sel telur wanita oleh sperma pria. Sperma yang keluar disemprotkan ke dalam vagina wanita nanntinya akan berjalan menuju saluran rahim tempat sel telur menunggu. Kesempatan untuk terjadinya kehamilan adalah pada saat masa subur, yaitu saat ovulasi yang dihitung 14 hari sebelum haid sebelumnya, kemudian ditambahkan 5 hari sebelum dan 1 hari sesudah hari ovulasi tersebut. 

Jadi waktu memang mempengaruhi kemungkinan terjadi kehamilan, dalam hal ini berkaitan dengan hari masa subur. Tidak terlalu berkaitan dengan waktu pagi atau malam hari Anda melakukan senggama. Disamping itu sejumlah faktor lain terutama kesehatan organ reproduksi baik pria ataupun wanita akan mempengaruhi kemungkinan kehamilan. Jadi, kenalilah masa subur istri Anda dan fokuskan senggama pada masa tersebut. Boleh saja Anda melanjutkan konsumsi suplemen yang sudah Anda lakukan

Demikian kami sampaikan informasi seputar syarat terjadinya kehamilan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

05 Nov 2017, 13:48 WIB