Eksim Dan Penyumbatan Pembuluh Darah

Info Penanya, pria 30 Tahun

Dok,apakah semacam axim di telapak kaki ada hubunganya dg_penyumbatan pembuluh darah???udah bertahun2 blum sembuh.mksh jwbnya

12 Nov 2017, 00:02 WIB
dr. Jeannyfer HJ
dijawab oleh: dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih sudah bertanya tentang Eksim Dan Penyumbatan Pembuluh Darah mengenai  melalui fitur Tanya Dokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Sebelumnya Kami akan memberikan informasi sedikit tentang eksim . Eksim kering di dunia kedokteran sering dikenal dengan Dermatitis atau eczema atau Dermatitis Eczema, Dermatitis sering disebabkan oleh reaksi alergi , bila mempunyai riwayat alergi sejak kecil sering disebut dengan dermattis atopik atau karena pempers sering disebut dengan rash .

Macam-macam dermatitis :

  • dermatitis statis
  • dermatitis kontak
  • dermatitis seboroik
  • dermatitis atopik
  • dermatitis perioral

Gejala yang biasanya timbul adalah kemerahan , pembengkakan , gatal , luka di kulit. Penyebab yang paling sering adalah alergi , faktor genetik , fisik , stress , iritasi .

Penyakit eksim memang sulit dan membutuhkan waktu lama untuk sembuh. Cara terbaik untuk menghindari eksim kambuh kembali adalah mengenali faktor pencetus apa yang dapat membuat eksim Anda kambuh kembali (detergen, pelembab, atau stres) dan sebisa mungkin hindari pencetus tersebut. Langkah selanjutnya adalah mencegah kulit kering dengan menggunakan sabun bayi dan mengoleskan pelembab pada kulit, hindari sepatu atau kaus kaki yang meningkatkan kelembaban pada kulit (hindari berkeringat banyak pada kaki), dan hindari menggaruk.

Apabila memang alergen sulit untuk dihindari maka dapat dioleskan salep kortikosteroid lemah dan ingatlah untuk mengoleskannya hanya ketika eksim sedang kambuh. Hindari stres, makan bergizi, dan beristirahat teratur. Kortikosteroid topikal apabila digunakan dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan penipisan kulit, hipopigmentasi, dan jerawat. Untuk meminimalisasi risiko tersebut, maka sebaiknya krim kortikosteroid yang Anda miliki hanya dioleskan pada daerah eksim selama 2-3 minggu, 1x/hari, digunakan di sore hari, dan mengoleskan pelembab pada eksim apabila tidak menggunakan elocon.

Penyembuhan pada kulit membutuhkan nutrisi yang cukup dari pembuluh darah/vaskularisasi yang baik. Apa bila terhambat, proses penyembuhan juga dapat terhambat.

Apabila keluhan tetap berlanjut, kami menyarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penanganan selanjutnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar Eksim Dan Penyumbatan Pembuluh Darah, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

 

12 Nov 2017, 00:02 WIB