Gejala Alergi Susu Formula

Info Penanya, pria 28 Tahun

Dok anak saya sejak umur 7 bulan setelah diberi asi suka pilek lalu kmudian smbuh setelah mnm obat. Stlh umur 8 bulan kena pilek lgi barengan dg tumbuh gigi hmpir 2 minggu pdhl sdh diberi obat. Umur 9 bulan pilek lgi, n skrg umurny 11 bulan jg lg pilek lgi tp tdk prnh batuk. Apakah bayi saya alergi sufor ya dok?

15 Nov 2017, 17:46 WIB
dr. Jeannyfer HJ
dijawab oleh: dr. Jeannyfer HJ

Halo, terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter dan bertanya tentang pilek pada bayi

Kami memahami kekahwatrian Anda.

Keluhan pilek berulang daapt dikarenakan rhinitis alergi. Rinitis alergi merupakan bagian dari reaksi alergi yang ditandai dengan bersin berulang, keluar ingus encer dan banyak, hidung tersumbat, mata gatal dan kadang berair memang dapat sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Pada rinitis alergi, memang setelah dicari apa yang menyebabkan terjadinya alergi tersebut, perlu dilakukan penghindaran agar kejadian alergi tidak terjadi berulang-ulang. Salah satunya adalah udara dingin. Anda dapat mengatasinya dengan sebisa mungkin berada di tempat-tempat yang hangat atau menggunakan pakaian hangat.

Jika tindakan untuk menghindari alergen penyebab gagal untuk Anda lakukan, Anda dapat menggunakan beberapa obat-obatan untuk mengatasi gejala rhinitis alergi, dengan mengunjungi dokter untuk pemeriksaan sehingga dokter dapat menetukan obat yang sesuai.

Apakah sebelum mengkonsumsi susu tersebut, anak Anda sudah pernah diperkenalkan produk susu sapi? Apabila ini adalah kali pertama anak diperkenalkan susu sapi dan muncul reaksi tersebut, maka tidak menutup kemungkinan apa yang dialaminya adalah tanda- tanda anak mengalami alergi susu sapi.

Alergi susu sapi merupakan reaksi sistem pertahanan tubuh terhadap faktor (fraksi protein) yang terkandung dalam susu. Anak dapat mengalami gejala alergi susu langsung setelah mengonsumsinya (reaksi cepat) dan sebagian lainnya gejalanya baru muncul setelah beberapa waktu (reaksi lambat).

Gejala alergi susu sapi biasanya muncul beragam, namun ada 3 gejala yang tersering muncul. Diantaranya adalah:

Gejala pada saluran pencernaan adalah gejala tersering (50-80%),

Diikuti dengan gejala pada kulit (20-40%), dan

Saluran pernapasan (4-25%).

Gejala reaksi cepat alergi susu sapi muncul dalam hitungan menit atau jam setelah mengonsumsi susu sapi dan umumnya disebabkan oleh respon antibodi IgE terhadap protein susu. Gejalanya antara lain:

- Sakit perut

- Mual

- Muntah

- Sesak napas atau mengi

- Ruam, bengkak, gatal pada kulit

- Diare

Anak yang mengalami alergi susu sapi yang melibatkan antibodi IgE memiliki risiko besar mengalami alergi terhadap lingkungan (polutan, debu, dan lainnya). Untuk saat ini, saya sarankan pemberian susu sapi tersebut ditunda dan Anda membawa anak berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis anak. Dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh dan memastikan apakah benar reaksi yang anak Anda alami adalah alergi susu sapi. Setelah itu dokter akan memberikan penanganan yang sesuai dengan diagnosis pasti. Bila memang benar alergi susu sapi, salah satu kemungkinan penanganannya adalah dengan pemberian susu soya hingga setidaknya anak berusia 1 tahun.

Demikian, semoga informasi seputar pilek pada bayi ini bermanfaat.

Salam,

15 Nov 2017, 17:46 WIB