Perkembangan Motorik Anak

Info Penanya, pria 24 Tahun

Dok anak saya usia 9Bulan, tapi belum bisa merangkak dan tumbuh gigi apakah normal?

03 Dec 2017, 07:54 WIB
dr. Jeannyfer HJ
dijawab oleh: dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya tentang perkembangan motorik anak melalui fitur Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran ANda.

Berikut perkembangan motorik kasar pada tiap usia.

3 bulan

- Dapat mengangkat kepala setinggi 45 derajat

4 bulan Dapat tengkurap

- 5-6 bulan Dapat berguling dari posisi tengkurap

8 bulan

- Dapat duduk tanpa dukungan

9 bulan

- Dapat merangkak

10 bulan

- Dapat berdiri

12 bulan

- Dapat berdiri tanpa bantuan dan melangkah satu-satu

Penting adanya untuk tetap memberikan stimulasi tumbuh kembangnya dengan diiringi pemberian nutrisi cukup gizi yang optimal untuk tumbuh kembang anak.

Apabila dalam pertumbuhan dan perkembangan anak dirasakan ada yang kurang sesuai, jangan ragu untuk membawa anak ke dokter untuk konsultasi lebih lanjut.

Rata-rata gigi susu anak tumbuh pertama kali saat anak berusia +/- 6 bulan. Diawali dengan gigi seri bawah yang rata-rata tumbuh sekitar usia 6-10 bulan, sedangkan gigi seri atas tumbuh sekitar usia 8-12 bulan. Gigi susu tidak tumbuh sekaligus namun secara bertahap menembus gusi selama 2 ½ tahun pertama sejak kelahiran. Biasanya yang tumbuh pertama kali adalah keempat gigi depan yaitu dua di rahang atas dan dua di rahang bawah. Sebagian besar anak-anak sudah lengkap semua giginya pada saat berusia 3 tahun. Meski demikian, kecepatan pertumbuhan gigi antara anak yang satu dengan anak lainnya belum tentu sama. Ada yang tumbuh lebih cepat tapi ada juga yang lebih lama. Tidak sedikit anak yang baru tumbuh gigi pertama saat usianya mencapai 1 tahun, dan saat gigi tersebut keluar boleh jadi lebih dari satu gigi dalam waktu bersamaan.

Meski demikian, memang ada faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan pertumbuhan gigi anak. Proses pembentukan gigi sudah dimulai saat anak masih dalam kandungan ibu, kira-kira saat janin berusia 4 bulan. Kemungkinan gigi susu tumbuh lebih lambat dari yang semestinya lebih besar pada anak yang lahir prematur atau berat badan bayi lahir kurang, karena proses pertumbuhan dan perkembangannya secara umum belum sempurna termasuk juga giginya.

Namun jika gigi susu terlambat tumbuh padahal anak lahir cukup bulan, maka tentu ada faktor lain diantaranya pola makan anak. Jika selama ini bayi hanya diberi makanan yang lunak saja maka sebaiknya anak mulai dikenalkan dengan makanan yang bertekstur dan agak kasar. Tentunya cara memasak dan jenis makanan disesuaikan dengan usia bayi. Perlu diketahui, makanan yang lunak kurang memberi rangsangan bagi pertumbuhan gigi dan rahang anak. Justru dengan diberi makanan yang agak sedikit lebih keras, otot-otot pengunyahan, gigi dan tulang rahang akan bekerja lebih keras dan memberi stimulasi bagi pertumbuhan gigi dan tulang. Pertumbuhan gigi juga dapat dirangsang dengan memberi anak mainan yang dapat digigit-gigit. Fungsinya sama, yaitu untuk memberi stimulasi bagi gigi dan tulang. Namun jangan lupa memperhatikan kebersihan mainan tersebut mengingat mainan itu akan masuk ke mulut anak, dan pilih mainan yang aman dan bebas zat beracun. Faktor lainnya bisa karena gusi anak lebih tebal dari normal atau hal lain yang lebih kompleks seperti kekurangan nutrisi atau kelainan genetik meski hal tersebut biasanya bergandengan dengan gejala lainnya

Demikian penjelasan yang daat Kami berikan seputar perkembangan motorik anak. Semoga bermanfaat.

Salam.

03 Dec 2017, 07:54 WIB