Solusi Mengatasi Masuk Angin Saat Hamil Muda

Info Penanya, pria 21 Tahun

Saya sedang hamil 2 bulan. Badan saya terasa masuk angin.... dan ingin muntah... bagaimana solusinya dok?

08 Dec 2017, 23:17 WIB
dr. Jeannyfer HJ
dijawab oleh: dr. Jeannyfer HJ

Terimakasih Anda telah bertanya tentang Solusi Mengatasi Masuk Angin Saat Hamil Muda menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Mohon maaf atas keterlambatan kami. Kami memahami kekhawatiran Anda.

Dalam dunia kedokteran tidak ada masuk angin. Kami berasumsi gejala yang anda miliki seperti flu. 

Pertama-tama yang dapat Anda lakukan ialah beristirahat yang cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jangan lupa buah-buahan, terutama yang mengandung vitamin C, untuk mempertinggi daya tahan tubuh. Dengan begitu, ibu tetap dapat melakukan aktivitas dan kehamilan bisa berjalan baik tentunya.

Pada dasarnya, influenza adalah self limiting disease (SLD) yang akan sembuh dengan sendirinya, kecuali bila ada komplikasi berat yang menyertainya. Karena bersifat SLD, usaha untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan beristirahat dan makan makanan bergizi cukup dapat menghambat infeksi influenza.

Barulah jika setelah lebih dari 5 hari gejala flu masih mengganggu, obat akan digunakan untuk meredakannya. Pemberian antibiotik dipakai untuk mencegah infeksi sekunder/penyerta pada penderita flu. namun, antibiotik tidak rutin diberikan kepada ibu hamil. Itu pun, harus dikonsultasikan dahulu dengan dokter kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan seputar Solusi Mengatasi Masuk Angin Saat Hamil Muda , semoga bermanfaat

08 Dec 2017, 23:17 WIB