ASI Belum Keluar Setelah Melahirkan

Info Penanya, pria 27 Tahun

Hallo dok, saya ingin konsultasi soal asi. 3 minggu yg lalu saya melahirkan secara normal anak perempuan.. Tapi hingga hari ini asi saya blm keluar wlpn sdh diberi vitamin pelancar asi oleh dokter. Gimana solusi supaya asi saya bisa keluar ya dok ☺️ terima kasih...

09 Dec 2017, 22:00 WIB
dr. Jeannyfer HJ
dijawab oleh: dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya tentang ASI belum keluar setelah melahirkan menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluarnya ASI bervariasi untuk setiap wanita, ada yang sudah keluar saat kehamilan trimester tiga, ada pula yang baru keluar setelah melahirkan, bahkan ada pula yang ASI-nya baru keluar pada hari kelima setelah melahirkan.

Untuk dapat memproduksi ASI yang cukup bagi anak Anda, janganlah stres dan khawatir. Karena perasaan tersebut akan mempengaruhi kemampuan Anda memproduksi ASI. Santai, rileks, dan percayalah bahwa Anda dapat memberikan yang terbaik bagi anak Anda. Jika mungkin tidak sesuai harapan, berbahagialah karena setidaknya Anda telah mencoba.

Konsumsilah makanan bergizi, dan jangan lupakan minum air putih yang banyak. Jika masih menemui masalah dalam memberikan ASI, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter konsultan laktasi.

Demikian informasi ini kami sampaikan seputar ASI belum keluar setelah melahirkan, semoga bermanfaat.

Salam,

09 Dec 2017, 22:00 WIB