Sakit Pinggang Saat Hamil

Info Penanya, pria 22 Tahun

Selamat mlm dok saya mau tnya kok kndungn sya bru usia8 bln semnggu tp kok udh mulai skt pinggng yh..trima ksh

11 Dec 2017, 12:49 WIB
dr. Andika Widyatama
dijawab oleh: dr. Andika Widyatama

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Sakit Pinggang Saat Hamil.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Banyak faktor yang menjadi penyebab timbulnya nyeri pinggang dimasa kehamilan, penyabab umumnya adalah akibat Peregangan Ligamen di sekitar daerah perut. Peregangan ligamen merupakan fenomena alami untuk mempersiapkan tubuh bagi proses pertumbuhan janin.

Penanan ligamen ini dipengaruhi oleh hormon progesteron, dimana hormon ini melunakkan ligamen di daerah panggul serta melonggarkan sendi. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan tubuh agar bisa mengakomodasi pertumbuhan bayi dalam rahim. Pelonggaran dan pergeseran ligamen serta sendi menyebabkan nyeri pinggang dan punggung selama kehamilan.

Selain itu juga dapat terjadi akibat Perubahan Pusat Gravitasi, dimana Pusat gravitasi tubuh mulai bergerak maju bersamaan dengan perkembangan rahim. Hal ini menyebabkan perubahan postur tubuh sehingga bisa menimbulkan masalah pada wanita hamil.

Janin yang sedang berkembang menambah tekanan dan berat pada sumsum tulang belakang. Selain itu, wanita hamil juga berat badannya cenderung bertambah. Karena adanya berat tambahan tersebut, punggung harus menyokong pertambahan berat, sehingga menimbulkan nyeri pada daerah pinggang. Wanita hamil umumnya juga cenderung membungkuk ke depan atau condong ke belakang akibat menahan berat perut mereka. Sikap tubuh seperti ini akan memperparah nyeri pinggang yang ada.

Kemungkinan lainnya adalah infeksi saluran kemih, dimana Wanita lebih rentan terhadap infeksi saluran kemih selama masa kehamilan. Infeksi saluran kemih akibat bakteri bisa menyebabkan nyeri pinggang pada awal kehamilan.

Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan cara-cara dibawah ini;

  • Jika Anda bekerja dengan posisi lebih banyak berdiri, sebaiknya Pertahankan posisi sikap berdiri dengan tegak, punggung lurus dan sejajar bahu. Jangan membungkuk atau melengkungkan punggung ke arah belakang
  • Bila duduk upayakan tulang punggung berada posisi sejajar dengan sandaran kursi dan kedua kaki menapak pada lantai
  • Hindari posisi berdiri terus menerus selama 6 jam
  • Jika Anda bekerja di kantor dengan posisi lebih banyak duduk maka jangan lupa selalu perbaiki posisi duduk atau lakukan koreksi posisi duduk setiap beberapa saat berselang, bila perlu untuk mendapat posisi duduk yang lurus ganjal bagian punggung dengan bantal tipis
  • Lakukan senam ringan untuk relaksasi pada saat jam istirahat kantor, mulai dengan relaksasi otot - otot leher, punggung dan pinggang, lakukan relaksasi dengan menarik nafas panjang dan dalam lalu hembuskan perlahan melalui mulut. Hal ini sebaiknya dilakukan setiap keluhan nyeri timbul
  • Bila hendak melakukan gerakan membungkuk untuk mengambil sesuatu di lantai maka posisi yang aman agar tidak menambah keluhan nyeri pinggang adalah dengan sikap awal berdiri tegak lalu tekuk salah satu lutut dan pertahankan punggung agar tetap lurus lalu pelan - pelan lenturkan punggung ke arah depan .Pada saat berdiri lakukan dengan hati - hati agar keseimbangan terjaga.
  • Mandi air hangat atau berendam dengan air hangat yang sudah dibubuhi garam sambil dilakukan pijatan ringan pada daerah pinggan dan sepanjang tulang belakang punggung, arah gerakan melingkar.
  • Posisi saat tidur terbaik adalah posisi miring ke arah kiri untuk memperlancar peredaran darah dari ibu ke bayi . Posisikan kedua kaki di ganjal bantal tipis di antara kedua lutut.
  • Kecuali ada larangan dari dokter sebelumnya, Anda dapat melakukan olahraga senam hamil, latihan pernafasan juga jalan kaki setiap hari selama 30 menit sampai dengan 60 menit
  • Terakhir, terimalah semua perubahan fisik dan psikologis selama kehamilan dengan hati yang besar, bersyukur atas kehamilan yang dialami dan terima semua itu sebagai salah satu warna- warni pengalaman menjadi seorang ibu, jangan tenggelam dalam keluhan dan merasa sebagai beban. Ingat tak semua perempuan mendapat anugerah untuk bisa hamil, jadi bersyukurlah kendati harus merasa sedikit kurang nyaman.
  • Bila nyeri sangat mengganggu aktivitas dan tak tertahankan terutama pada bagian tulang ekor atau Anda pernah mempunyai riwayat sakit punggung akibat terjatuh dan mengalami HNP sebaiknya Anda segera memeriksakan diri kepada dokter terdekat.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Sakit Pinggang Saat Hamil. Semoga bermanfaat.

Salam,

11 Dec 2017, 12:49 WIB