Pemantauan Kehamilan

Info Penanya, pria 24 Tahun

Saya telah memasuki usia kehamilan 4bulan. Namun belum sempat ke dokter untuk pengecekan kandungan. Apakah itu tidak masalah jika bulan ini baru saya ke dokter? apa saja perawatan yang wajib saya dpt saat pengecekan? Dan seminggu ini saya sakit flu apakah berpengaruh pada janin saya? Terima kasih

13 Des 2017, 17:24 WIB
dr. Aryogi Rama Putra
dijawab oleh: dr. Aryogi Rama Putra

Terimakasih telah bertanya mengenai pemantauan kehamilan melalui fitur Tanya Dokter

Tentunya persalinan yang normal lebih baik daripada operasi. Namun, operasi harus dilakukan bila terdapat indikasi seperti misalnya letak janin melintang, ibu mengalami penyakit atau kondisi tertentu seperti preeklampsia berat atau infeksi rahim yang dapat menyebabkan janin terinfeksi, dll. Untuk itu perlu dilakukan antisipasi dengan cara kontrol kondisi kesehatan ibu dan janin secara teratur ke dokter atau bidan atau yang disebut juga antenatal care.

Pemeriksaan kehamilan atau antenatal care ditujukan untuk menyiapkan baik fisik atau mental ibu dalam masa kehamilan dan kelahiran serta menemukan kelainan dalam kehamilan dalam waktu dini sehingga dapat diobati secepatnya. Pemeriksaan kehamilan yang dilakukan secara teratur dapat menurunkan angka kecacatan dan kematian baik pada ibu maupun janin.

World Health Organization menyarankan agar pemeriksaan kehamilan dilakukan minimal 4 kali: 1 kali pada triwulan pertama, 1 kali pada triwulan kedua, dan 2 kali pada triwulan ketiga. Pada penilaian ini akan dilihat sejumlah faktor ibu ataupun bayi yang menandakan pada kehamilan berisiko sehingga bisa diintervensi lebih dini. Pada pemeriksaan dengan spesialis kebidanan dan kandungan saat ini juga disertai dengan penilaian USG, dimana bisa dilihat perkiraan usia kehamilan, taksiran berat janin, kondisi plasenta, dan kesehatan janin.

Selain melakukan pemeriksaan, dokter atau bidan juga akan memberikan vitamin dan zat besi yang penting untuk ibu dan perkembangan janin. Bila pemeriksaan kehamilan ini tidak pernah dilakukan, kita tidak dapat memprediksi dan menangani komplikasi yang mungkin terjadi dalam kehamilan atau saat proses persalinan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

13 Des 2017, 17:24 WIB