Ingin Hamil Kembali Setelah Melahirkan

Info Penanya, pria 29 Tahun

Dok. . . Saya ini seorang ibu anak 1, sekarang anak saya berusia 18 bulan. Yang mau saya tanyakan Dok, kenapa saya sampai sekarang blom hamil lg Dok? Padahal saya tidak ada memakai KB atau alat kontrasepsi lainnya.

13 Dec 2017, 09:53 WIB
dr. Jeannyfer HJ
dijawab oleh: dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya seputar hamil kembali melalui fitur Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran anda. Apakah Anda masih memberikan ASI ? Bagaimana dengan siklus menstruasi anda ?

Jika Anda memberikan ASI ekslusif kepada anak selama 6 bulan pertama setelah melahirkan, hal tersebut memang wajar terjadi. Isapan bayi pada payudara ibu saat minum ASI akan menekan hormon-hormon reproduksi lain yang diperlukan untuk terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur dari indung telur) dan untuk terjadinya menstruasi. Karena itu, selama ibu memberikan ASI ekslusif, secara otomatis ibu tersebut juga telah menggunakan suatu metode kontrasepsi yang dikenal sebagai metode amenore laktasi (MAL), sehingga dirinya tidak akan hamil lagi selama memberikan ASI ekslusif. Datangnya menstruasi setelah melahirkan memang dapat memanjang pada ibu yang masih menyusui. Ada juga yang dapat hingga 1 tahun, ada yang lebih lama lagi.

 

Setelah melahirkan akan melewati masa nifas. Masa nifas adalah masa setelah seorang ibu melahirkan hingga alat-alat kandungannya kembali seperti sebelum hamil. Masa nifas ini berlangsung kira-kira 6-12 minggu. Darah yang keluar di masa nifas merupakan pembersihan terhadap sisa-sisa kehamilan. Pada umumnya keluar sampai jangka waktu 40 hari. Setelah masa nifas selesai, diperkirakan fungsi alat-alat reproduksi telah normal kembali seperti sebelum hamil, karena itu menstruasi sudah dapat terjadi lagi. Jika Anda sudah mulai menstruasi kembali berarti rahim Anda pun sudah siap untuk dibuahi kembali. Karena proses menstruasi diatur oleh kadar hormon di dalam tubuh dan hal ini berbeda-beda pada setiap orang.

Yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga.

Selain itu, perlu juga diperhatikan:

  • hentikan segala bentuk kegiatan yang kurang baik seperti merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol.
  • sebisa mungkin hindari konsumsi obat-obatan, terutama yang dijual bebas
  • ketahui masa subur Anda, dan lakukan hubungan intim terutama sekitar masa subur
  • menjaga gaya hidup sehat dan memakan makanan bergizi. Hindari diet berlebihan selama merencakan kehamilan.
  • menurut the Center for Disease Control (CDC), perempuan yang merencanakan kehamilan dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio
  • Hindari stres psikologis dan beban pikiran, terutama beban pikiran ingin memperoleh keturunan secepatnya. Jalani hidup dengan santai dan bahagia

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar hamil kembali, Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

13 Dec 2017, 09:53 WIB