Alergi Susu Sapi Pada Anak

Info Penanya, pria 23 Tahun

Selamat pagi dok,, Saya ingin bertanya Pertama lahir anak saya minum susu SGM BBLR karna anak saya lahir dgn berat 2kg tapi ternyata timbul bibik merah pada wajah karna saya sekarang saya pakai susu s26 similac neo sure,, menurut dokter apa kah anak saya alergi susu sapi.? Dan susu apa yg cokok hingga trus bertambah berat badan nya Terimakasih

13 Des 2017, 09:57 WIB
dr. Jeannyfer HJ
dijawab oleh: dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya tentang Gejala alergi susu sapi pada anak menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

Alergi susu sapi merupakan reaksi alergi yang melibatkan antibodi IgE terhadap satu atau lebih fraksi protein yang ada di dalam susu. Alergi susu sapi sering dikacaukan dengan intoleransi lakstosa oleh karena gejalanya yang serupa. Bagaimanapun, intoleransi laktosa dan alergi susu sapi tidak berhubungan. Alergi susu sapi adalah reaksi alergi yang dipicu oleh sistem imun, sedangkan intoleransi laktosa terjadi akibat masalah sistem pencernaan.

Anak dapat mengalami gejala alergi susu langsung setelah mengonsumsinya (reaksi cepat) atau muncul setelah beberapa jam atau beberapa hari setelah konsumsi susu (reaksi lambat). Gejala alergi susu sapi biasanya muncul beragam, namun ada 3 gejala yang tersering muncul. Diantaranya adalah:

1. Gejala pada saluran pencernaan (50-80%), seperti sakit perut, mual, muntah dan diare

2. Diikuti dengan gejala pada kulit (20-40%), berupa ruam, bengkak dan gatal pada kulit3. Saluran pernapasan (4-25%) berupa sesak napas atau mengi

Alergi susu sapi dapat dideteksi dengan tes darah dan/atau prosedur sederhana yang disebut uji cukit kulit. Jika anak Anda benar menderita alergi susu sapi, hindari makanan yang berbahan dasar susu sapi seperti keju, biskuit susu, dsb.

Sebagai alternatif, susu kedelai, susu beras, dan susu nabati lain dapat menggantikan susu sapi, namun perlu diketahui bahwa 20% anak yang alergi susu sapi juga memiliki alergi terhadap susu kedelai. Namun sebaiknya anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak, aagr dapat dilakukan pemeriksaan fisk secara menyeluruh dan dietahui kebutuhan anak anda.

Demikian informasi tentang Gejala alergi susu sapi pada anak yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

13 Des 2017, 09:57 WIB