Keputihan yang Gatal dan Menggumpal

Info Penanya, pria 23 Tahun

Dok saya mau tanya, saya iseng melihat Miss v saya pake kaca udah 2hari ini karena gatel.. ternyata di dalem Miss v terdapat gumpalan putih susu gitu menempel di dalam Miss v, itu bahaya ga ya dok? Cara mengobati nya bagaimana..

16 Des 2017, 15:08 WIB
dr. Aryogi Rama Putra
dijawab oleh: dr. Aryogi Rama Putra

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fitur Tanya Dokter mengenai keputihan abnormal.

Keputihan abnormal terjadi akibat adanya infeksi. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan. Hal ini bisa terjaid terkait pengaruh hormon seperti hendak haid, atau penggunaan KB

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

 

Keputihan yang menggumpal menandakan adanya infeksi jamur kandida. Kondisi ini memang sering menyebabkan gatal. Faktor yang mendorong terjadinya infeksi kandida adalah akibat kegemukan atau diabetes melitus disamping kelembaban vagina yang tidak terjaga. Kondisi ini bisa diatasi dengan pemberian obat anti jamur secara minum ataupun langsung pada vagina. Akan tetapi pemberian obat tersebut haruslah dibawah pengawasan dokter. Oleh karena itu kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai keputihan abnormal. Semoga informasi ini bermanfaat.

16 Des 2017, 15:08 WIB