Sperma Keluar Lagi, Peluang Hamil Berkurang?

Info Penanya, pria 21 Tahun

Malam dok mau tanyak knph setiap slesai brhubungn kyk ad yg kluar lagi sperti sperma laki"apa itu mepengaruhi soal hamil..

17 Dec 2017, 06:48 WIB
dr. Fiona Amelia MPH
dijawab oleh: dr. Fiona Amelia MPH

Terimakasih telah bertanya mengenai sperma yang keluar kembali saat berhubungan intim melalui fitur Tanya Dokter.

Pada saat hubungan intim mencapai puncaknya, pria akan mengalami ejakulasi, yaitu mengeluarkan cairan mani yang berisi sperma. Apabila ejakulasi dilakukan di dalam, saat penetrasi, sebagian besar cairan mani biasanya akan tertampung di dalam area vagina yang disebut dengan forniks posterior. Sebagian kecil, akan masuk ke leher rahim kemudian naik ke rahim dan saluran telur. Sperma yang naik hingga saluran telur ini dapat membuahi sel telur/ovum apabila waktunya tepat (ketika wanita mengalami ovulasi). 

Sebagian besar cairan mani yang tertampung di forniks posterior akan dengan mudah keluar dari liang vagina wanita apabila bergerak. Jadi, yang Anda alami merupakan hal yang normal. Tidak semua cairan mani yang keluar saat ejakulasi akan masuk ke dalam rahim wanita. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar sperma yang keluar kembali saat berhubungan intim. Semoga bermanfaat. (FA)

17 Dec 2017, 06:48 WIB