Mengatasi Asam Urat dan Nyeri Lutut

Info Penanya, pria 14 Tahun

cara mengobati asam urat dan sakit pada lutut

02 Jan 2018, 12:02 WIB
dr. Reza Fahlevi
dijawab oleh: dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan Tanya Dokter

Bagian lutut kaki yang terasa nyeri mungkin dapat disebabkan karena masalah pada otot, tulang atau persendian. Pada tahap awal, Anda mungkin dapat mencoba untuk menggunakan salep untuk menghangatkan bagian tersebut, melakukan pemijatan, tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat pada area bersangkutan, dan mengistirahatkan lutut pada posisi lurus.

Asam urat merupakan zat sisa yang dibentuk oleh tubuh pada saat regenerasi sel. Bila terjadi peningkatan kadar asam urat dalam darah tanpa menimbulkan gejala apapun maka disebut dengan hiperurisemia asimtomatik. Penyakit akibat asam urat bisa dikontrol dengan pola hiudp, dan berbagai obat, seperti obat penurun asam urat.

Sedangkan, bila terjadi peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh yang tidak dapat dikendalikan dan menyebabkan gejala maka dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti artritis gout (radang pada persendian) atau batu ginjal. Beberapa orang dengan gout membentuk lebih banyak asam urat dalam tubuh nya (10%), sehingga sisa asam urat (90%) dalam tubuh Anda, tidak efektif dibuang melalui air seni. Genetik, jenis kelamin, dan nutrisi (peminum alkohol, obesitas) memegang peranan penting dalam pembentukan penyakit gout.

Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, Anda dapat mengunjungi dokter umum terlebih dahulu. Anda akan dirujuk ke dokter spesialis yang sesiai dengan dugaan diagnosis pada Anda.

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

02 Jan 2018, 12:02 WIB