Tidak Haid Setelah Berhenti KB Suntik

Asalamualaikum ..dok saya mau tanya selama 5 thn saya proses kb suntik tp udah saya lepas slama 1 thn ini tpi knpa belum datang bulan /menstruasi saya sangat khawatir tidak akan memounyai anak lagi apakah ini paktor suntik kb atau apa?

Lihat Selengkapnya
pria, 31 Tahun08 Jan 2018, 10:45 WIB

dr. Reza Fahlevi

Dijawab oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda alami. Salah satu efek samping dari KB suntik yang tergolong sebagai KB hormonal adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik tidak mengalami siklus menstruasi. Setiap individu memiliki efek respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Kontrasepsi suntikan yang diberikan dengan injeksi secara intramuskular setiap bulan adalah kontrasepsi suntikan estrogen-progesteron, mengandung 25 mg depo medroxyprogesteron asetat dan 5 mg estradiol cypionat.

Penggunaan KB suntik yang tidak teratur juga memang dapat menyebabkan gangguan pada siklus haid. Bila Anda tidak nyaman dengan penggunaan KB yang saat ini digunakan maka Anda dapat mengganti metode kontrasepsinya. Pergantian kontrasepsi tentu saja dapat dilakukan jika memang diperlukan, misalkan karena efek samping yang kurang dapat diatasi. Diskusikanlah dengan dokter Anda mengenai pilihan KB yang paling sesuai bagi Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Tidak Haid Setelah Berhenti KB Suntik

Dijawab oleh:dr. Reza Fahlevi

Suntik KB dan Kesuburan

Dijawab oleh:dr. Reza Fahlevi

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk