Obat Sakit Gigi Tak Kunjung Sembuh

Info Penanya, pria 22 Tahun

gigi saya sakit ta kunjung sembuh haduhh udah minum apa bae dok gmnh ini

12 Jan 2018, 09:00 WIB
drg. Callista Argentina
dijawab oleh: drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya tentang obat sakit gigi tak kunjung sembuh melalui fitur Tanya Dokter dan mohon maaf dalam keterlambatan dalam penjawaban.

Sebelum menjawab pertanyaan anda kami akan menjelaskan berbagai penyebab sakit gigi.

Gejala sakit gigi dapat timbul dari kelainan lainnya dan bukan hanya disebabkan oleh gigi berlubang saja. Sakit gigi juga bisa dipicu oleh hal-hal berikut:

- Abses pada gigi

Hal ini biasanya terjadi karena lubang pada gigi tidak dirawat, sehingga menimbulkan infeksi pada bagian akar gigi di gusi. Selain itu, abses bisa disebabkan karena radang gusi dan benturan atau trauma pada gigi.

- Gigi yang mengalami gangguan pertumbuhan

Gigi geraham bungsu sering mengalami gangguan pertumbuhan, dengan kondisi gigi yang tidak bisa tumbuh sempurna dan disertai peradangan.

- Kerusakan tambalan pada gigi

Tambalan lama yang mengalami kerusakan atau patah akan menyebabkan jaringan gigi di bawahnya terekspos dan tidak terlindungi.

- Gigi yang patah

Benturan pada area mulut bisa menyebabkan gigi patah. Secara anatomi, patahnya gigi bisa meliputi mahkota gigi maupun sampai pada bagian akar gigi di dalam gusi.

- Penyakit gusi

Plak adalah penyebab utama dari peradangan pada gusi. Apabila tidak dirawat, maka akan berlanjut menjadi peradangan jaringan pendukung gigi yang menyelubungi gigi.

Ketika Anda mengalami sakit gigi dan belum sempat untuk memeriksakan diri ke dokter gigi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan di rumah untuk mengurangi rasa sakitnya seperti:

1. Hindari mengonsumsi sesuatu yang mempunyai temperatur ekstrim, misalnya makanan dan minuman yang panas dan dingin.

2. Berkumur dengan air garam hangat dan Minum obat pereda nyeri yang bisa dibeli bebas di apotik.

3. Lakukan kompres dingin pada bagian gigi yang sakit, terutama jika disebabkan karena benturan.

Gigi berlubang merupakan penyebab paling sering timbulnya sakit gigi.

Obat untuk menghilangkan rasa nyeri pada gigi biasanya adalah obat golongan Analgesik. Tidak etis bagi kami untuk menyebutkan suatu merk obat tertentu, oleh karena itu untuk mendapatkan obat analgesik yang tepat kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi. Pada umumnya bisa mengkonsumsi obat yang mengandung asam mefenamat, namun pada beberapa pasien bisa menyebabkan perih di lambung.

Perlu Anda ketahui bahwa rasa sakit yang timbul tersebut menandakan adanya kelainan yang membutuhkan perawatan dan tidak hanya diatasi dengan minum obat pereda nyeri saja, karena selain tidak menghilangkan penyebabnya, rasa nyeri dapat kembali timbul bahkan lebih berat. Periksakan kondisi gigi Anda ke dokter gigi karena bisa jadi membutuhkan perawatan gigi bukan hanya obat sakit gigi untuk menghilangkan sakitnya. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai obat sakit gigi tak kunjung sembuh, semoga bermanfaat.

12 Jan 2018, 09:00 WIB