Benjolan di Dahi

Selamat malam bapak dan ibu dokter, beberapa hari yang lalu saya memiliki benjolan kecil di jihat saya sampai sekarang tidak kunjung reda, benjolan berwarna merah yang kalau di telan sakit sekali dan ini bukan jerawat, bagaimana cara menghilangkan nya? Terima kasih

Lihat Selengkapnya
wanita, 18 Tahun23 Jan 2018, 09:26 WIB

dr. Reza Fahlevi

Dijawab oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Keluhan benjolan pada dahi sebenarnya kami merujuk ke dua jenis penyakit yaitu kista ateroma maupun lipoma di daerah dahi. Apakah terdapat nyeri pada benjolan? Bila benjolan tidak nyeri, kemungkinan tidak terjadi peradangan, dan dapat digerakkan dari dasarnya. Apabial benjolan terjadi tiba- tiba dan terdapat riwayat benturan sebelumnya, benjolan ini dapat berupa gumpalan darah akibat pecahnya pembuluh darah yang terbentur. Walau begitu, masih perlu dibuktikan dengan pemeriksaan langsung.

Untuk membantu mengatasi benjolan akibat perdarahan, Anda dapat menggunakan kompres es yang ditempelkan pada dahi. Kompres es ini berfungsi mengecilkan pembuluh darah dan membuat aliran darah ke pembuluh darah yang pecah tersebut melambat.Kista ateroma merupakan salah satu jenis kista di kulit dimana kista tersebut memiliki kapsul (dinding) dan berisikan cairan kental yang terdiri atas keratin (protein berserat didalam sel kulit) atau sebum (minyak). Terjadinya kista ateroma disebabkan karena adanya sumbatan pada muara kelenjar keringat yang disebabkan oleh infeksi, trauma (luka/benturan), ataupun jerawat.Kista Ateroma biasanya memiliki sebuah lekukan atau bercak gelap ditengah-tengahnya yang merupakan muara dari kelenjar yang tersumbat. Meski tidak berbahaya, setiap benjolan pada kulit yang baru tumbuh atau merupakan perubahan pada tubuh, sebaiknya diperiksa oleh ahli dermatologi untuk mencegah terjadinya kanker.Lipoma sebenarnya merupakan tumor jinak. Penyebab lipoma hingga kini belum diketahui. Lipoma cenderung terjadi menurun dalam keluarga, sehingga diperkirakan terdapat keterlibatan genetik pada lipoma. Pada dasarnya lipoma tidak memerlukan tindakan apapun, kecuali untuk alasan kosmetik atau pembesaran benjolan telah menimbulkan keluhan nyeri dan mengganggu pergerakan.

Hingga kini belum ada obat yang dapat menghambat pertumbuhan lipoma. Tindakan yang dapat dilakukan untuk menghilangkan benjolan lipoma adalah dengan operasi pengangkatan lipoma. Operasi dapat dilakukan dengan bius lokal, jika dokter sudah benar-benar yakin bahwa benjolan memang benar-benar lipoma yang tergolong dalam tumor jinak. Untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut, kami sarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter bedah.Namun idealnya dilakukan pemeriksaan langsung agar mendapatkan diagnosis yang tepat. Oleh karena itu kami sarankan agar Anda segera memeriksakan diri kepada dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan , semoga bermanfaat

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk