Perawatan Untuk Gigi Depan Yang Patah 25 Januari 2018 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Perawatan Untuk Gigi Depan Yang Patah

Selamat malam dok, saya ingin bertanya, gigi depan saya dulu pada awalnya bolong dan sudah saya tambal, kemarin gigi depan saya patah karena keropos, ada dua gigi depan yg bolong dan satu yang patah, kira2 treatment apa yg harus saya lakukan ya dok, terutama untuk gigi yg patah, apakah pasang jacket gigi atau dicabut lalu diganti dengan gigi palsu ya dok? Terimksih

Lihat Selengkapnya
wanita, 23 Tahun25 Jan 2018, 08:51 WIB

drg. Callista Argentina

Dijawab oleh:

drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya seputar perawatan untuk gigi depan yang patah melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami keadaan yang anda alami. Kerusakan pada gigi baik karena lubang/karies atau karena patah harus segera dilakukan perawatan guna menghindari terjadi kerusakan yang lebih parah. Gigi yang patah setengah masih dapat diselamatkan, namun rencana perawatannya bergantung pada kondisi gigi tersebut, yaitu dilihat dari seberapa banyak sisa jaringan mahkota gigi dan apakah ruang pulpa yang berisi saraf gigi sudah terbuka/belum. Selama ruang pulpa masih tertutup dan sisa jaringan gigi masih cukup banyak atau sesuai indikasi penambalan maka gigi yang patah dapat ditambal biasanya menggunakan tambalan sewarna gigi yang dikeraskan dengan sinar, yaitu resin komposit. Namun jika ruang pulpa sudah terbuka, maka pulpa dapat terinfeksi oleh kuman, oleh sebab itu gigi tidak dapat lagi ditambal biasa, tapi harus dilakukan perawatan syaraf terlebih dahulu yang bertujuan mensterilkan akar dari infeksi kuman. Setelah perawatan tersebut selesai, lalu bentuk gigi diperbaiki menyerupai bentuk aslinya seperti semula dengan restorasi berupa gigi palsu atau dental crown.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai perawatan untuk gigi depan yang patah, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

1 KOMENTAR

Avatar
dede Apriyani
5 Bulan Lalu

Selamat Malam Dok.... Gimana Caranya Gigi Yang Sudah Patah Masih Bisa Di Perbaiki Dan Biyaya Nya Cukup Besar Atau Tidak Ya???

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat