Perawatan Gigi Depan Yang Patah Dan Biayanya

Info Penanya, pria 18 Tahun

Dok, saya punya pertanyaan. Jadi, gigi bagian depan atas saya patah karena jatuh, tidak terlalu besar patahnya hanya saja cukup mengganggu. Kira-kira cara atau perawatan apa yang bisa saya lakukan supaya gigi saya utuh kembali? Lalu berapa biayanya? Terima kasih.

11 Feb 2018, 21:20 WIB
drg. Callista Argentina
dijawab oleh: drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya tentang perawatan gigi depan yang patah dan biayanya melalui fitur Tanya Dokter.

Gigi depan yang patah sebagian masih dapat diselamatkan, namun rencana perawatannya bergantung pada kondisi gigi tersebut, yaitu dilihat dari seberapa banyak sisa jaringan mahkota gigi dan apakah ruang pulpa yang berisi saraf gigi sudah terbuka/belum. Selama ruang pulpa masih tertutup dan sisa jaringan gigi masih cukup banyak atau sesuai indikasi penambalan maka gigi yang patah dapat ditambal biasa menggunakan tambalan sewarna gigi yang dikeraskan dengan sinar, yaitu resin komposit.

Namun jika ruang pulpa sudah terbuka, maka pulpa dapat terinfeksi oleh kuman, oleh sebab itu gigi tidak dapat lagi ditambal biasa, tapi harus dilakukan perawatan saluran akar terlebih dahulu yang bertujuan mensterilkan mahkota gigi dan akar dari infeksi kuman. Setelah perawatan tersebut selesai, baru kontur gigi diperbaiki menyerupai bentuknya seperti semula dengan dibuatkan mahkota tiruan atau restorasi lainnya yang sesuai

Bagaimanapun, ada baiknya Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter gigi agar dapat dilakukan pemeriksaan klinis sehingga dapat ditentukan rencana perawatan yang tepat. Biayanya cukup bervariasi bergantung dari jenis perawatan yang dilakukan. Sebagai patokan harga tambal gigi di klinik swasta wilayah jakarta selatan sekitar Rp.200.000 - 700.000,- Perawatan saluran akar per datangnya Rp. 150.000 -300.000 biasanya dibutuhkan sekitar 5 kali kunjungan.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai perawatan gigi depan yang patah dan biayanya, semoga bermanfaat.

11 Feb 2018, 21:20 WIB