Flek di Luar Siklus Haid

Info Penanya, wanita 29 Tahun

Slmat mlm dok.. . Dok, saya bln lalu tgl 2-9 feb haid 1 hari stlh'ny saya intens hb sm suami saya kmdian tgl 23 saya flek bsoknya tgl 24-25 darah kluar spt haid tp gx byk spt biasanya tgl 26 bersih dan saya hb sm suami saya..... Tgl 3 maret saya flek lg dok.. . Itu knp ya dok? Apa tanda kehamilan atau ada pnyakit yakit lain ya dok?? Mhon bntuannya ya dok.. . Trms 😊

05 Mar 2018, 21:14 WIB
dr. Fiona Amelia MPH
dijawab oleh: dr. Fiona Amelia MPH

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Flek-flek yang Anda alami bisa berarti beberapa hal: 

  1. Perdarahan di luar siklus haid yang menggambarkan adanya gangguan hormonal.
  2. Perdarahan saat ovulasi, yaitu saat sel telur dilepaskan.
  3. Perdarahan implantasi yaitu saat embrio/bakal janin menempel di rahim. Untuk yang satu ini, artinya Anda hamil.

Satu-satunya hal untuk mengetahui flek ini tanda hamil atau bukan ialah melalui testpack dan apakah Anda mengalami keterlambatan haid.

Jika siklus haid Anda 30 hari, seharusnya tanggal-tanggal ini ialah hari haid Anda dimulai. Jika sampai beberapa hari ke depan tetap belum haid, silakan lakukan testpack. Sebaiknya testpack dilakukan setelah mengalami telat haid agar hasilnya lebih akurat. Gunakan urin pagi yang pertama dan jangan mencelupkan stick terlalu lama dalam urin, setelah itu keringkan selama 1-2 menit dan baca hasilnya. Jika hasil masih samar, silakan ulangi pemeriksaan 1-2 hari kemudian.

Hasil yang positif menandakan kemungkinan Anda hamil sebesar 70%, sedangkan hasil yang negatif menandakan kemungkinan Anda tidak hamil sebesar 99%.

Jika benar hamil, segera konfirmasi dengan melakukan USG kandungan di dokter kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

05 Mar 2018, 21:14 WIB