Ingin Cabut Gigi Bungsu Tapi Dirujuk Ke RS Besar

Dok saya mau tanya gigi bungsu saya berlubang,saya sudah coba untuk keklinik untuk di cabut tapi malah saya di rujuk ke RS besar karna di klinik tidak berani mengambil tindakan,kenetulan gigi graham saya yang sudah saya cabut sekitar 3 dok ,yang jadi pertanyaan saya apakah kalau nanti saya ke RS besar apakah langsung bisa di cabut dan apakah ada nanti akan masih berdampak agak susah makan dok ?? Terimakasih

Lihat Selengkapnya
wanita, 28 Tahun18 Mar 2018, 11:16 WIB

drg. Callista Argentina

Dijawab oleh:

drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya seputar ingin cabut gigi bungsu tapi dirujuk ke RS besar melalui fitur Tanya Dokter.

Saran dari klinik untuk merujuk ke RS besar biasanya memang berdasarkan pertimbangan-pertimbangan medis. Misalnya, bisa jadi gigi bungsu anda terlihat posisinya miring atau malah sebagian terpendam di dalam gusi. Sehingga membutuhkan pemeriksaan penunjang seperti rontgen panoramik. Hal ini sangat berguna sebagai panduan dokter gigi dalam melakukan pencabutan. Selain itu juga membutuhkan fasilitas yang lebih lengkap dibanding klinik, jika pada saat tindakan memerlukan tindakan darurat.

Jika anda berkunjung ke RS besar, kemungkinan akan dilakukan pemeriksaan dahulu secara lengkap. Setelah itu baru dokter gigi spesialis bedah mulut akan menentukan langkah perawatan selanjutnya. 

Salah satu dampak setelah pencabutan gigi bungsu adalah terjadi kesulitan dan ketidaknyamanan saat makan. Gigi yang diambil akan meninggalkan soket/lubang sehingga gusi harus dijahit. Biasanya makanan sering terjebak dan sulit dibersihkan di daerah tersebut. Namun jangan mencongkel-congkel daerah tersebut apalagi dengan alat tajam dan tidak bersih. Lebih baik kumur perlahan dengan air atau air garam hangat untuk mengeluarkannya.

Untuk mengetahui dampak lain setelah pencabutan gigi bungsu, baca artikel berikut ini :

Tips Setelah Operasi Gigi Bungsu

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai ingin cabut gigi bungsu tapi dirujuk ke RS besar, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk