Ingin Cabut Gigi Tapi Ada Penyakit Jantung Dan Diabetes

Ibu saya berumur 56 tahun, punya penyakit jantung dan juga diabetes Apakah boleh dicabut giginya, krna ada 2 akar gigi yg hrus dicabut krna sudah infeksi dan 1 gigi pecah yang harus dicabut juga Terima kasih

Lihat Selengkapnya
wanita, 24 Tahun19 Mar 2018, 12:03 WIB

drg. Callista Argentina

Dijawab oleh:

drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya seputar ingin cabut gigi tapi ada penyakit jantung dan diabetes melalui fitur Tanya Dokter.

Pencabutan gigi adalah salah satu prosedur medis yang banyak dilakukan oleh dokter gigi sehari-hari. Tindakan yang ditakuti oleh sebagian besar orang ini merupakan tindakan yang aman dilakukan apabila mengikuti prosedur yang benar dan resiko komplikasi dapat diminimalisir sampai tidak ada sama sekali. Memang pada beberapa kondisi, pencabutan merupakan suatu kontraindikasi untuk dilakukan misalnya pada pasien hipertensi, penyakit jantung dan penyakit gula yang tidak terkontrol.

Namun apabila dilihat bahwa pencabutan gigi akan membawa lebih banyak manfaat dibanding kerugiannya, maka pencabutan dapat dilakukan baik pada penderita penyakit jantung maupun diabetes. Dengan catatan, sebelum melakukan pencabutan harus ada surat keterangan dari dokter yang merawat kondisi penyakit jantung dan penyakit diabetes bahwa pasien boleh dilakukan pencabutan (diabetes terkontrol). Dalam hal ini meliputi keterangan dalam penggunaan zat anestesi/ bius yang boleh digunakan oleh dokter gigi tersebut. Jadi tindakan pencabutan masih dibawah sepengetahuan dokter internis yang merawatnya.

Jika sudah ada surat keterangan dari dokter internis yang merawatnya, maka biasanya pencabutan bisa berjalan lancar dan resiko komplikasi yang ditimbulkan bisa dihindari.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai ingin cabut gigi tapi ada penyakit jantung dan diabetes, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Ingin Cabut Gigi Tapi Habis Operasi Kista

Dijawab oleh:drg. Callista Argentina

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk