Behel Yang Sudah Dilepas Apa Bisa Dipasang Kembali?

Selamat pagi dok, Apakah behel gigi yang sudah di lepas masih bisa di pergunakan kembali ? Soal nya waktu itu saya pasang behel gigi atas karena pada saat itu gigi atas saya sudah rapi tapi setelah saya lepas kok gigi atas saya kembali lagi berantakan. Di karena kan kondisi gigi bawah saya ada lebih tinggi jadi untuk gigi atas kembali lagi pada semula Apakah solusi lain ya donk

Lihat Selengkapnya
pria, 26 Tahun19 Mar 2018, 11:36 WIB

drg. Callista Argentina

Dijawab oleh:

drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya seputar behel yang sudah dilepas apa bisa dipasang kembaliĀ melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya apakah setelah melepas behel anda menggunakan retainer? Penggunaan retainer sesudah melepaskan kawat gigi bertujuan untuk mempertahankan posisi dan hubungan gigi-geligi yang sudah rapi dan harmonis antara gigi atas dan bawah. Gigi selalu memiliki kecenderungan untuk bergerak karena adanya gaya saat melakukan gerakan pengunyahan. Berapapun usia pasien, setelah perawatan orthodontik selesai dan alat dilepas, tetap berpotensi untuk relaps. Apalagi pada pasien yang masalahnya tidak sebatas gigi (dental) saja tapi juga tulang rahang (skeletal), misalnya rahang bawah yang lebih maju dan menyebabkan gigitan menjadi edge to edge atau gigitan silang/crossbite.

Ada baiknya Anda kembali berkonsultasi ke dokter gigi spesialis orthodontik Anda untuk memastikan perawatan yang perlu dilakukan pada kondisi yang sekarang Anda alami. Behel gigi yang lama apabila kondisinya masih bagus, masih terdapat retensi dibalik bracket dan wing bracket masih utuh maka masih ada kemungkinan untuk digunakan kembali.

Demikian jawaban yang dapat kamiĀ berikan mengenai behel yang sudah dilepas apa bisa dipasang kembali, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk