Biaya Perawatan Gigi Depan Patah Hampir Seluruh Mahkota

Info Penanya, pria 30 Tahun

dok gigi depan saya keropos lalu patah (hitam) , tapi akar masih kuat dan masih tersisa mungkin 1 cm diatas gusi. saya berniat konsultasi ke dokter gigi. pertanyaannya adalah : 1. apakah ada spesifikasi dokter khusus (dokter praktek rumah / rumah sakit, demi alat yg memadai), atau bisa disemua dokter gigi untuk merenovasi gigi saya? 2. berapa kira2 estimasi biaya nya? 3. saya mengidap alergi/biduran di kulit adakah hubungannya dengan gigi?

19 Mar 2018, 23:43 WIB
drg. Callista Argentina
dijawab oleh: drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya seputar biaya perawatan untuk gigi depan patah hampir seluruh mahkota melalui fitur Tanya Dokter.

Untuk penanganan gigi depan patah sangat bergantung dari keadaan gigi tersebut, yakni meliputi beberapa faktor, antara lain:

- Seberapa besar patahan

- Lokasi patahan

- Kondisi & keadaan kamar saraf gigi.

Pada umumnya perawatan yang akan diberikan oleh dokter gigi bertujuan untuk:

- Mengurangi sampai menghilangkan rasa sakit, bila ada

- Memperbaiki fungsi gigi

- Memperbaiki secara tampilan dan estetik

- Mempertahankan keberadaan gigi dalam rongga mulut agar diupayakan gigi tidak perlu dicabut.

Dalam menentukan jenis perawatan yang akan diberikan, dokter gigi harus menegakkan diagnosa terhadap gigi tersebut yang didukung oleh:

- Anamnesa / wawancara pasien

- Pemeriksaan klinis

- Foto rontgen.

- Penanganan tergantung dari kondisi patahan:

*Jika kondisi patah gigi melibatkan dentin dan kamar saraf:

Jika patahnya gigi telah melibatkan lapisan kedua yaitu dentin dan kamar saraf dari gigi maka perlu dipastikan keadaan dari kamar saraf gigi apakah masih vital atau sudah terbuka dan terkontaminasi.

o Jika masih vital:

Apabila masih vital maka mempertahankan keadaan inilah yang menjadi keutamaan dari tindakan perawatan gigi.

o Jika kamar saraf terbuka:

Pada kamar saraf yang sudah terbuka dan terkontaminasi harus dilakukan perawatan kamar saraf gigi yang disebut juga perawatan pulpektomi.

*Jika kondisi patah gigi hanya lapisan terluar:

Perbaikan secara estetik pada bagian yang patah apabila hanya meliputi lapisan terluar dari gigi yaitu email maka hanya perlu dilakukan penambalan saja, dan pada keadaan tertentu jenis perawatan yang dapat dilakukan adalah dengan mahkota gigi tiruanyang terbuat dari beberapa jenis bahan, metal-porcelain, ceramic dan resin.

Berdasarkan keterangan anda, bahwa gigi patah seluruh mahkota, maka dugaan kami gigi yang patah sudah melibatkan dentin dan kamar saraf, jadi gigi harus dilakukan perawatan saraf terlebih dahulu, setelah itu baru dibuatkan mahkota tiruan dengan pin / pasak logam (pin crown). Untuk biaya perawatan saraf gigi sangat bervariasi tergantung dari lokasi serta fasilitas klinik / rumah sakit tersebut. Sebagai patokan total biaya perawatan saraf gigi sampai tuntas di Klinik Swasta wilayah Jakarta Selatan kisaran Rp.1.000.000 – 2.000.000,-. Untuk pemasangan Pin Crown Porselen Rp. 3.000.000 – 4.000.000,-. Ada juga teknologi baru menggunakan bahan Fiber sebagai pengganti pin/pasak logam, selain lebih kuat juga harga lebih terjangkau harga sekitar 2-3 juta.

Dokter gigi yang merawat bisa dokter gigi umum saja tidak perlu dokter gigi spesialis Konservasi Gigi, asalkan terdapat alat untuk perawatan saraf gigi dan lab yang memadai.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai biaya perawatan untuk gigi depan patah hampir seluruh mahkota, semoga bermanfaat.

 

19 Mar 2018, 23:43 WIB
Tanya Dokter
Behel Yang Sudah Dilepas Apa Bisa Dipasang Kembali?
Tanya Dokter
Gigi Depan Keropok Apa Masih Bisa Diperbaiki
Tanya Dokter
Ingin Cabut Gigi Tapi Ada Penyakit Jantung Dan Diabetes
Tanya Dokter
Sakit Gigi Hebat Terutama Malam Hari
Tanya Dokter
Memiliki Gigi Berlubang Dan Gigi Yang Miring
Tanya Dokter
Sakit Gigi Yang Tidak Hilang Dengan Obat-Obatan
Tanya Dokter
Ingin Cabut Gigi Bungsu Tapi Dirujuk Ke RS Besar
Tanya Dokter
Rahang Miring Dan Bunyi Klek Saat Menutup Mulut
Tanya Dokter
Pasang Behel 4 Tahun, Celah Gigi Masih Terlihat Banyak
Tanya Dokter
Ingin Pasang Behel Tapi Gigi Gingsul Tidak Dibehel