Gigi Depan Permanen Patah, Apa Bisa Tumbuh Lagi

Info Penanya, pria 42 Tahun

Siang Dok, Anak saya umurnya 8 tahun, gigi susu depannya sudah tanggal dan gigi tetapnya sudah tumbuh. Tp beberapa bulan yang lalu gigi depannya patah setengah dan sekarang agak goyang. Kalau saya cabut, apakah masih bisa tumbuh gigi anak saya? Terima kasih

20 Mar 2018, 18:02 WIB
drg. Callista Argentina
dijawab oleh: drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya seputar gigi depan permanen patah, apa bisa tumbuh lagi melalui fitur Tanya Dokter.

Mengenai gigi anak Anda, bila gigi tersebut memang gigi permanen berarti sudah tidak dapat tumbuh lagi karena manusia hanya ada dua periode gigi yaitu gigi sulung dan gigi permanen. Sebaiknya gigi jangan dicabut dan sebisa mungkin dirawat. Perawatannya bergantung pada seberapa banyak jaringan mahkota gigi yang masih tersisa, dan patahnya di bagian mana. Bila garis patahan horizontal, namun hanya kira-kira sepertiga bawah mahkota, kemungkinan gigi tersebut masih vital. Namun bila gigi tersebut patah cukup banyak hingga lebih dari setengah mahkota hilang, besar kemungkinan pulpa gigi yang berisi jaringan syaraf dan pembuluh darah telah terekspos. Bila memang demikian, gigi tersebut sudah tidak dapat ditambal seperti biasa namun harus terlebih dahulu dirawat saluran akar. Baru setelah itu dibuatkan restorasinya.

Mengingat anak Anda masih berusia 8 tahun, pembentukan akar masih belum selesai.  Ada baiknya perawatan dilakukan oleh seorang dokter gigi spesialis gigi anak, yang lebih mendalami dan menguasai bidang tersebut.PSA (Perawatan saluran akar) pada seorang anak di mana pembentukan akar masih belum selesai sedikit berbeda dengan PSA pada orang dewasa, demikian juga pembuatan restorasinya, tidak dapat dibuatkan mahkota tiruan yang sama dengan orang dewasa karena pulpa masih lebar. Selain itu keluhan gigi goyang juga harus diperiksa dengan rontgen foto periapikal, agar terlihat penyebab goyangnya gigi tersebut. Hal ini diperlukan untuk menentukan langkap perawatan selanjutnya.

Kami sangat menyarankan Anda membawa anak Anda untuk berkonsultasi secara langsung segera, agar segera dapat ditangani dan kerusakan tidak bertambah parah.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi depan permanen patah, apa bisa tumbuh lagi, semoga bermanfaat.

20 Mar 2018, 18:02 WIB