Berapa Lama Tambalan Komposit Berubah Warna?

Info Penanya, wanita 21 Tahun

Dok, saya mahasiswa berusia 21 tahun. Kemarin saya di beritahu dokter periodonti bahwa saya mengalami resesi gusi dan beberapa geraham yg sedikit berlubang. Kemudian saya disarankan ke penambalan gigi. Ketika saya ke panambalan gigi, gigi saya langsung ditindak hanya dengan menambal satu gigi yg mengalami resesi gusi menggunakan komposit. Yg saya tanyakan, apakah gigi dengan tambalan komposit tetap akan selalu sama warnanya? Dan apa yang harus saya lakukan bila terjadi perubahan warna pada tambalan tersebut? Serta bagaimana saya menjaga gigi yg berlubang sedikit itu supaya lubangnya tidak bertambah besar? Terima kasih dok

23 Mar 2018, 00:36 WIB
drg. Callista Argentina
dijawab oleh: drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya tentang berapa lama tambalan komposit berubah warna melalui fitur Tanya Dokter.

Proses penambalan yang juga memegang peranan penting terhadap keberhasilan tambalan jangka panjang. Tahap-tahap penambalan dengan resin komposit sangat sensitif, kesalahan dalam salah satu tahap dapat mempengaruhi ketahanan jangka panjang tambalan tersebut.

Dengan prosedur yang benar dan skill dokter gigi yang kompeten bukan berarti tambalan yang baik dan tahan dalam jangka panjang mustahil dicapai. Namun tidak ada jaminan berapa lama tambalan dapat bertahan di dalam mulut. Karena ketahanan tambalan di dalam mulut juga sangat dipengaruhi oleh keadaan ph dalam air liur serta kebersihan gigi dari plak dan karang gigi. Sedangkan warna pada tambalan komposit biasanya dapat bertahan sangat lama, namun tepinya biasanya akan mengalami diskolorasi atau perubahan warna jika pasien memiliki kebiasaan minum kopi,teh atau merokok. Perubahan warna pada tambalan komposit juga bisa terjadi apabila ternyata perjalanan karies di bawah tambalan tetap berjalan. Biasanya gigi akan tampak menghitam, sehingga perlu dilakukan pembukaan tambalan dan penambalan kembali.

Untuk menjaga agar lubang gigi tidak bertambah besar, logikanya adalah dengan menjaga kebersihan lubang gigi tersebut dari kemasukan makanan, bakteri yang dibawa melalui ludah. Tapi apakah anda bisa benar-benar yakin bahwa tidak sisa makanan yang masuk atau tersangkut didalamnya? Oleh karena itu, supaya tidak menimbulkan resiko makin dalamnya lubang gigi, lebih baik gigi yang sudah terlanjur berlubang dilakukan penambalan saja, walaupun kecil. Tentunya jika lubang masih kecil, pembuangan jaringan yang terkena juga lebih sedikit dan pengerjaannya tidak terasa sakit karena lubang masih jauh dari ruang saraf. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai berapa lama tambalan komposit berubah warna, semoga bermanfaat.

23 Mar 2018, 00:36 WIB