Menghitung Tafsiran Lahir

Info Penanya, wanita 23 Tahun

halo dok. saya mau tanya . saya skrg sedang mengandung 9 bulan . dan sudah kelewat hpl yg seharusnya 21 april. tapi sampai hari ini belum ada tanda" melahirkan . siklus menstruasi saya tidak teratur . kadang 2 bulan sekali atau lebih. waktu trimester pertama dulu saya pernah usg . dan mendapat hpl tgl 25 mei. trimester kedua 10 mei. kamis minggu lalu saat usg masih 39 week. tapi kalo menurut hitungan bidan sudah hampir 42 minggu menurut dokter mana hpl yang sebaiknya saya yakini?

03 May 2018, 21:43 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Terdapat beberapa cara untuk mengetahui usia kehamilan, salah satunya adalah dengan melakukan perhitungan menurut HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). Banyak sekali faktor yang mempengaruhi perhitungan kehamilan menurut HPHT. Perhitungan kehamilan menurut HPHT hanya dapat dipercaya apabila sang wanita hamil memiliki siklus menstruasi teratur dan normal yaitu sekitar 28 hari. Apabila siklus menstruasi Anda tidak teratur maka perhitungan ini tidak valid.

Perkiraan Persalinan atau Kelahiran dapat dilakukan dengan beberapa cara. Yang sering dilakukan adalah dengan menghitung perkiraan berdasarkan HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) dengan menggunakan rumus Naegele, yakni hari ditambahkan 7, bulan dikurangi 3, tahun ditambahkan 1. Namun, cara perhitungan ini hanya dapat berlaku akurat jika Anda memiliki siklus menstruasi yang teratur selama 6 bulan terakhir sebelum hamil. Selain itu, tanggal perkiraan persalinan dengan menggunakan perhitungan ini juga dapat mengalami pergeseran maju atau mundur sekitar 1-2 minggu dari hasil perhitungan.

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan pemeriksaan USG yang tingkat akurasinya dapat mencapai 95%. Cara ini memperkirakan tanggal kelahiran berdasarkan pertumbuhan janin di dalam kandungan. Perkiraan kelahiran ini akan lebih akurat pada pemeriksaan USG di trimester kedua dan ketiga karena ukuran janin sudah lebih besar sehingga lebih mudah untuk melakukan pengukuran dan gambar janin terlihat lebih jelas di layar monitor.

Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

03 May 2018, 21:43 WIB