Seputar Pil Kontrasepsi Darurat

Info Penanya, pria 26 Tahun

Pil Kontrasepsi darurat itu dapat berfungsi berapa hari setelah berhubungan? Mohon penjelasan detailnya. Terima kasih

07 May 2018, 10:04 WIB
dr. Ellen Theodora
dijawab oleh: dr. Ellen Theodora

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Anda dapat mengunjungi dokter untuk mendapatkan kontrasepsi darurat.

Kontrasepsi darurat adalah jenis KB yang digunakan untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan, seperti dalam kasus :

Lupa memakai kondom, kondom bocor, lepas, atau salah menggunakannyaDiafragma pecah atau robekKegagalan teknik sanggama terputusSalah menghitung masa suburSpiral terlepasLupa minum dua atau lebih pil KBTerlambat suntik KB lebih dari 2 mingguPerkosaanBerikut penjelasan lebih lanjut kami mengenai "morning after pill".

Silakan klik next untuk melanjutkan.

 Pil Kontrasepsi DaruratMemang kontrasepsi yang sering disebut sebagai “morning after pill’ ini tidak bekerja seefektif kontrasepsi pada umumnya yang dipakai rutin, namun akan lebih baik jika tidak memiliki perlindungan sama sekali. Angka kegagalan dari kontrasepsi darurat ini adalah 3%.

Kontrasepsi darurat terdiri dari pil kombinasi dosis tinggi, pil kombinasi dosis rendah, pil progesteron, pil estrogen, dan spiral.

Namun mohon maaf sebelumnya, kami tidak dapat menyebutkan nama obat untuk menghindari bias promosi.

Pil efektif jika digunakan dalam waktu 72 jam pasca sanggama. Pil ini tidak dapat digunakan sebagai kontrasepsi jangka panjang.

Sementara itu, spiral masih efektif dalam waktu 7 hari pasca sanggama, namun tidak dapat digunakan untuk wanita yang mengalami infeksi kelamin dan organ kewanitaan.

Terdapat beberapa efek samping dari penggunaan pil KB ini, yaitu mual, muntah,  flek-flek, nyeri perut, dan sakit kepala. Jika Anda muntah dalam 2 jam setelah meminum pil, Anda harus kembali meminum pil tersebut.

Kontrasepsi ini tidak dapat “menggagalkan” kehamilan yang sudah terjadi, namun hanya dapat berfungsi untuk mencegah sebelum kehamilan itu terjadi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

07 May 2018, 10:04 WIB