Nyeri Lutut Setelah Kecelakaan

Info Penanya, wanita 17 Tahun

Dok , beberapa hari yang lalu saya mengalami kecelakaan , di bagian lutut sebelah kiri saya di jahit sebanyak 4 jahitan , saya mengalami keluhan di sekitar lutut , yaitu nyeri yg amat sangat dan juga bengkak di kaki , skrng jika di suruh berjalan rasa nya sangat sakit Mohon beri saya anjuran obat untuk meringankan sakit yg saya derita

07 May 2018, 20:39 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda

Ada kemungkinan nyeri yang Anda alami saat ini merupakan akibat kecelakaan motor yang lalu. Untuk mengetahui dengan pasti penyebab hal tersebut diperlukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lainnya seperti foto rontgen. 

Struktur dari lutut terdiri dari tulang, tulang rawang, tendon, ligamen dan bursa. Kelainan atau gangguan pada struktur tersebut dapat menimbulkan nyeri. 

Karena kurangnya informasi, sulit bagi kami untuk memastikan penyebab nyeri pada lutut anda. Disamping itu, karena banyaknya struktur lutut yang mungkin menjadi penyebab, maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung terhadap lutut anda dan perlu dilakukan beberapa jenis pemeriksaan penunujang agar dapat diketahui dengan pasti sumber penyebab timbulnya nyeri lutut. Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda melakukan konsultasi langsung ke dokter spesialis bedah orthopedi untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan yang sesuai.

Sementara itu, untuk mengurangi nyeri Anda dapat melakukan beberapa metode yang disingkat dengan PRICE, yaitu :

P : Protection (memberikan perlindungan pada bagian lutut) contoh: memakai brace lutut

R : Rest (mengistirahatkan atau mengurangi aktivitas yang membuat lutut nyeri)

I : Ice (mengkompres lutut dengan es bila terasa nyeri)

C : Compress (membalut lutut yang terasa nyeri) contoh: memakai elastic bandage

E : Elevated (meninggikan kaki yang mengalami nyeri)

Bengkak pada lutut anda tidak dapat dijelaskan secara detail sebab tidak diakukan pemeriksaan secara langsung. Namun kemungkinan hal tersebut ialah bagian tulang yang memar sehingga timbul benjolan. Jika terdapat dislokasi atau pergeseran pada sendi lutut maupun fraktur/patah pada tulang di daerah lutut, akan memberikan gejala bengkak dan nyeri hebat saat digerakkan.

Namun untuk memastikan diagnosisi Anda saat  ini, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis bedah tulang (orthopedi) di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

07 May 2018, 20:39 WIB