Mata Terasa Mengganjal

Info Penanya, pria 24 Tahun

siang dok, saya seorang ibu pekerja, mau tanya.. belakang ini mata saya selalu merah, lalu seperti ada yg mengganjal (seperti debu), sudah memakai obat tetes mata in*to tapi tetap selalu merah dan terasa agak pedih.. saya bekerja memang di depan laptop, tapi slalu saya imbangi dengan pola hidup sehat, seperti olah raga di weekend dan memakan makanan yg sehat, tapi kenapa mata saya masih merah dan terasa seperti memakai softlens yg kotor, apa karenanlingukangan juga dengan banyak asap rokok? karena suami dan mertua merokok, di tambah lg lingkungan kerja yg banyak perokok aktif.. bahkan jika malam hari terkadang mata saya di kompres dengan air dingin, agar terasa segar, tapi tetap saja merah dan agak pedih.. mohon penjelasannya , thanks dok ..

08 May 2018, 10:30 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya tentang mata mengganjal melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Dari ceritanya, sepertinya adik Anda mengalami pembengkakan pada kelopak mata yang disebut dengan blefaritis. Nyeri bisa ada dan bisa juga tidak, bisa juga disertai rasa gatal. Penyebab blefaritis paling sering karena alergi, bisa karena reaksi lokal terhadap lensa kontak, atau terhadap iritan yang masuk ke mata, juga bisa merupakan salah satu kelainan akibat reaksi alergi di tempat lain. Namun, untuk penyebab ini biasanya bengkak dirasakan pada kedua kelopak mata.

Blefaritis pada salah satu mata paling sering disebabkan karena kelenjar minyak kelopak mata yang tersumbat (disebut juga kalazion) atau infeksi bakteri pada folikel bulu mata (disebut juga hordeolum atau bintitan).

Gejala-gejala berikut merupakan tanda adanya kelainan yang lebih serius dan memerlukan pemeriksaan dokter segera, yaitu

DemamGangguan penglihatan berupa hilangnya penglihatan atau penglihatan dobelSalah satu atau kedua mata menonjol (proptosis)Saran kami, sebaiknya Anda segera periksakan diri ke dokter mata untuk melihat penyebab pastinya apa sehingga pengobatan juga lebih spesifik. Jika memang hanya karena infeksi saja umumnya hanya akan diberikan salap antibiotik untuk mata dan keluhan akan menghilang dalam waktu kurang lebih 1 minggu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar mata mengganjal. Semoga bermanfaat. 

08 May 2018, 10:30 WIB