Tidak Haid 4 Bulan

Info Penanya, pria 17 Tahun

assalamualaikum dok saya mau bertanya saya sudah tidak haid selama 4 bulan padahal saya sudah berusaha menjaga kesehatan nah pernah sekali haid tap sakit nya berlebihan sekali dan gak wajar tap darah yang keluar cuman sedikit dan coklat .. ?? dan saya ingn bertanya apa sih tanda tanda kista itu sebab ibu angkat ku bilang begitu .. terima kasih dok sebelum nya ..

08 May 2018, 10:46 WIB
dr. Andika Widyatama
dijawab oleh: dr. Andika Widyatama

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Tidak Haid 4 Bulan.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Dalam dunia medis, yang Anda alami disebut dengan amenore (tidak haid). Secara normal, wanita tidak mengalami haid sebelum pubertas, selama kehamilan, dan setelah menopause. Apabila tidak haid didahului dengan riwayat haid yang normal, kemungkinan ini merupakan gejala dari kondisi yang dapat diobati.

Terdapat dua macam amenore, yaitu amenore primer dan sekunder. Disebut amenore primer apabila seorang gadis belum mengalami haid sama sekali pada usia 16 tahun. Sedangkan amenore sekunder adalah apalabila seorang wanita yang sebelumnya memiliki siklus haid normal berhenti mendapatkan haid selama 3 bulan atau lebih. Pada kasus Anda, yang dialami adalah amenore sekunder.

Penyebab amenore sekunder dapat digolongkan menjadi:

1. Faktor gaya hidup

  • Berat badan yang terlalu kurus atau terlalu gemuk akan mengganggu keseimbangan hormon reproduksi.
  • Olahraga yang berlebihan, seperti pada balerina dan atlet juga dapat mengganggu keseimbangan hormon reproduksi.
  • Stress psikologis dapat mempengaruhi kerja otak yang mengatur hormon reproduksi. Umumnya, ketika stress sudah menurun, haid akan kembali normal.

2. Kondisi medis yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon

  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS) menyebabkan kadar hormon reproduksi selalu tinggi kadarnya, ini juga akan mengganggu siklus haid
  • Gangguan tiroid, seperti kelenjar tiroid yang terlalu aktif (hipertiroid) atau yang kurang aktif (hipotiroid) dapat menyebabkan gangguan haid, termasuk amenore.
  • Tumor jinak kelenjar pituitari di otak dapat mengganggu pengaturan hormon reproduksi.
  • Menopause dini. Menopause umumnya terjadi pada usia 50-an. Namun, pada sebagian wanita terjadi sebelum usia 40-an.
  • Tumor pada ovarium (indung telur).

3. Gangguan struktural pada organ kandungan

  • Skar/bekas luka pada rahim akibat penyakit Asherman, bekas kuret, operasi caesar atau pengangkatan myoma.
  • Vagina abnormal di mana terdapat sumbatan pada vagina sehingga darah haid tidak bisa keluar.

Kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan konsultan fertilitas (SpOG-KFER). Perlu dicari penyebab lain selain gangguan hormon yang dialami. 

Nyeri dan keram di area perut bawah dan pinggul pada saat mendekati masa haid, merupakan gejala yang sering dialami oleh wanita. Dismenorea atau nyeri haid biasanya dialami pada wanita usia muda. Nyeri ini diakibatkan karena adanya kontraksi dinding uterus yang biasanya di dominasi di area perut bagian bawah yang menjalar hingga ke pinggang, punggung bagian belakang, sampai ke area paha.

Rasa sakit ini biasanya dirasakan pada hari ke-1 hingga hari ke-3 dari siklus menstruasi. Rasa nyeri yang diarasakan oleh setiap wanita berbeda beda, dapat berupa nyeri ringan maupun berat hingga mengganggu aktivitas sehari hari. Jika nyeri yang dirasakan sangat berat dan mengganggu aktivitas sehari hari dikenal dengan nama dismenorea. Terdapat dua jenis dismenore, yaitu :

Dismenorea primer : dismenore tipe ini timbul sejak haid pertama dan akan pulih sendiri dengan berjalannya waktu dengan lebih stabilnya hormon tubuh . Nyeri haid ini adalah normal, dan tidak membahayakan kesehatan. Dismenorea ini terjadi murni karena kontraksi otot rahim saat menstruasi akibat dari hormon prostaglandinDismenorea sekunder : biasanya baru timbul di kemudian hari setelah menstruasi pertama. Berlangsung lebih dari 3 hingga 4 hari dan disertai mual, muntah atau bahkan diare. Dismenore ini dapat disebabkan oleh beberapa panyakit/kelainan penyebab, antara lain : kelainan atau penyakit seperti infeksi rahim, kista atau polip, tumor sekitar kandungan,dll.Apabila dismenorea yang dirasakan adalah dismenorea primer seperti yang Anda keluhkan maka tidak akan ada masalah. Apakah keluhan nyeri haid ini sudah lama terjadi atau baru dirasakan akhir-akhir ini?

Beberapa penyakit yang dapat menimbulkan keluhan nyeri haid diantaranya:

Endometriosis: Endometriosis adalah pertumbuhan kelenjar endometrium dan stroma yang berasal dari rahim. Pada endometriosis, lapisan yang menyerupai endometrium tumbuh dan ditemukan di luar rahim, berespon terhadap siklus menstruasi, namun lapisan endometrium yang berada di luar rahim tidak memiliki jalan keluar untuk perdarahan yang dialaminya setiap bulan sehingga lapisan disekitarnya akan meradang dan membengkak sehingga menimbulkan nyeri haid yang hebat.

Penyakit Radang Panggul: infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang dimulai dari uterus dan dapat menyebar ke organ reproduksi lainnya.

Stenosis Serviks: penyempitan leher rahim. Gangguan ini sering disebabkan oleh adanya jaringan parut.

Tumor (fibroids): perkembangbiakkan dari dinding dalam uterusJika nyeri haid timbul lebih lama dari 2-3 hari dan terasa sangat berat hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi sampai muncul keluhan mual, muntah, pingsan, Anda patut mencurigai adanya penyakit yang mendasari.

Endometriosis adalah penyebab tersering keluhan nyeri haid hebat pada wanita. Diperlukan pemeriksaan USG untuk melihat apakah ada kelainan pada rahim. Sebaiknya Anda segera memeriksakan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Untuk sementara Anda dapat mengkonsumsi obat anti nyeri seperti asam mefenamat atau natrium diklofenak.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Tidak Haid 4 Bulan. Semoga bermanfaat.

Salam,

08 May 2018, 10:46 WIB