Mata Perih Setelah Pakai Softlens

Info Penanya, wanita 18 Tahun

asslamualikum selamat pagi dok. nama saya nina saya umur 18 tahun. beberapa hari yg lalu saya pakai softlens terasa perih dan merah pada mata saya. akhirnya saya lepas. dan malam harinya mata kiri saya masih merah dan ada bagian yg merah banget. saya pakai kan obat tetes mata. hari pertama merah di mata kiri saya mereda dan bagian yg merah sekali agak mereda. hari kedua di obati tetes mata saya jadi ga merah lagi dan bagian yg merah tadi juga memudar, tidak semerah di pagi hari. hari ini ketiga harinya tapi sudah tidak saya pakai kan tetes mata, soalnya ada tulisan di kotak tidak boleh di pakai secara berlebihan. dan mata saya sudah biasa kembali tapi saya khawatir, dok. takutnya ada sesuatu yg tidak saya ketahui mulai dari memberinya obat sampai ke adaan di mata saya skrg. apa langkah yg sebaiknya saya ambil sekarang, dok. terimakasih

08 May 2018, 11:18 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mata merah setelah menggunakan softlens.

Penggunaan softlens dapat menyebabkan infeksi pada mata, misalnya konjungtivitis (infeksi pada selaput tipis yang menyelubungi mata luar), keratitis (infeksi pada kornea mata), dan bahkan dapat menyebabkan infeksi pada seluruh bola mata. Hal ini dapat terjadi bila higiene pada saat penggunaan softlens atau cairan softlens tidak baik.

Selain itu pemakaian softlens dapat mengkondisikan mata menjadi kering. Dalam kondisi mata kering, umumnya mata akan berkedip guna melembabkan dan menghasilkan air mata untuk menjaga kelembaban mata. Kemungkinan kondisi yang Anda alami diakibatkan oleh mata yang cepat kering (dapat karena lama berada di ruangan ber-AC) sehingga mata menjadi perih dan merah.

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis mata untuk evaluasi penyebab. Untuk penanganan sementara, Anda dapat meneteskan cairan pelembab khusus untuk softlens langsung ke mata Anda secara rutin guna mencegah kekeringan pada mata tersebut terjadi. Hindarilah ruang ber-AC terlalu lama dan pakailah kacamata pelindung apabila berjalan di luar ruangan (outdoor). Satu lagi, pilihlah softlens dengan kadar air yang tinggi (50-55%).

Demikian informasi ini kami sampaikan tentang mata merah setelah menggunakan softlens, Semoga bermanfaat.

08 May 2018, 11:18 WIB