Flek Setelah KB Suntik

Info Penanya, pria 18 Tahun

Dok, saya mau tanya. Saya ini baru melahirkan 2 bulan yg lalu, kemarin tgl 28 april saya baru sutik kb 3 bulan, tpi dari kemarin tgl 9 mei timbul bercak darah dikit demi sedikit, dan hari ini tgl 10 bercak darah nya masih ada, sekarang ditambah sakit perus seperti mau haid. Apa saya perlu suntik lagi dok? Karena saya belum siap untuk hamil lagi, kasian anak saya masih sangat kecil. Tolong bantu kasih saran ya dok. Terima kasih

10 May 2018, 13:12 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Bercak darah yang Anda alami kemungkinan adalah efek samping KB suntik. Adapun efek samping lain dari KB suntik 3 bulan antara lain:

  • Haid yang tidak teratur atau sedikit (flek-flek saja)
  • Perdarahan di luar haid
  • Peningkatan berat badan
  • Rasa cepat lelah
  • Depresi
  • Kembung
  • Nyeri pada payudara
  • Sakit kepala
  • Hilangnya libido

Kejadian efek samping berbeda-beda di setiap orang. Perlu diperhatikan bahwa tidak ada KB yang berefek mencegah kehamilan hingga 100%, oleh karena itu Anda dapat mengombinasikan penggunaan KB suntik dengan penggunaan KB lain, seperti kondom atau metode kalender.

Untuk jadwal suntik KB berikutnya silakan ikuti jadwal yang telah ditetapkan pada suntik terakhir, tidak perlu dipercepat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

10 May 2018, 13:12 WIB