Benjolan di Payudara Saat Hamil

Info Penanya, wanita 20 Tahun

Malam dok, Dok sy hamil anak kedua usia kandungan 36w, di payudara saya sebelah kanan ada 3 benjolan dan sebelah kiri ada 2 benjolan, sebelumnya saat hamil anak pertama tidak ada benjolan apapun di payudara. Kira2 ini benjolan apa dok dan apakah berbahaya ? Terimakasih.

10 May 2018, 17:20 WIB
dr. Rio Aditya
dijawab oleh: dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar benjolan di payudara melalui fitur tanya dokter

Benjolan pada payudara Anda kemungkinan merupakan fibroadenoma. Tumor ini merupakan tumor jinak yang terdiri dari gabungan antara jaringan glandula (kelenjar) dan fibrosa. Fibroadenoma terjadi akibat adanya kelebihan hormon estrogen sehingga umumnya akan terjadi pembesaran atau pembentukan benjolan baru saat menstruasi atau hamil karena produksi hormon estrogen meningkat.

Kondisi ini tidak berbahaya bagi kehamilan atau pun menganggu proses menyusui. Benjolan ini sendiri dapat hilang dengan sendirinya. Namun, untuk memastikan penyebab benjolan tersebut, sebaiknya Anda kontrol ke dokter kebidanan dan kandungan yang menangani Anda. Bila memang merupakan fibroadenoma, benjolan tersebut tetap perlu diobservasi atau diperiksa secara berkala. 

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar benjolan di payudara, Semoga bermanfaat.

10 May 2018, 17:20 WIB