Badan lemas dan Sulit Tidur

Info Penanya, pria 19 Tahun

Selamat siang menjelang sore. Dok saya pengen nanya nih, udah 3 hari ini keadaan badan saya aneh dok. Rasanya lemes trus gemeteran terus sussh tidur juga udh 2 hari ga tidur. Ini kenapa ya?? Kalau ads solusi saya akan sangat berterima kasih :)

10 May 2018, 22:49 WIB
dr. Rio Aditya
dijawab oleh: dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar badan lemas dan sulit tidur melalui fitur tanya dokter

Apakah baru kali ini saja Anda sering capek atau sudah beberapa lama? Perasaan mudah lelah dapat disebabkan oleh asupan makanan yang kurang, aktivitas berlebihan, olahraga yang kurang, kurang istirahat, kondisi infeksi, anemia, gangguan hormon, tekanan darah rendah. Perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu baru dapat mengetahui apa yang harus dilakukan. Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk diperiksa lebih jauh. Mungkin diperlukan pemeriksaan laboratorium seperti pemeriksaan darah lengkap.

 Anda dapat mencoba mengurangi aktivitas agar tidak berlebihan, istirahat yang cukup, makan teratur dengan menu gizi seimbang, banyak minum air putih, dan berolahraga teratur (minimal 3x per minggu).

 Keadaan sulit tidur, sulit mempertahankan tidur, sering terbangun ketika tidur, bangun tidur terlalu dini disebut dengan insomnia. Bisa bersifat sementara, jangka pendek (2-3 minggu), atau kronis. Sudah berapa lama Anda mengalami keluhan ini?

Faktor yang erat kaitannya dengan insomnia adalah penyakit, depresi, kecemasan (anxietas), stres, lingkungan yang menyulitkan tidur, kafein, alkohol, perokok berat, tidur siang, kebiasaan tidur terlalu dini atau menghabiskan waktu di tempat tidur ketika tidak ingin tidur. Bagaimana dengan Anda, adakah faktor-faktor yang saya sebutkan Anda alami?

Untuk itu perhatikan bagaimana pola tidur Anda. Kami sertakan beberapa artikel yang dapat membantu Anda untuk memiliki jadwal tidur yang baik. Untuk pengobatan sebaiknya memang Anda coba tips-tips kami dahulu, oleh karena beberapa obat tidur dapat menimbulkan ketergentungan. Bila keadaan ini sangat menggangu kehidupan Anda, memang sebaiknya Anda konsultasi ke dokter ahli kejiwaan untuk pengobatan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

10 May 2018, 22:49 WIB