Diet yang Tepat

Info Penanya, pria 23 Tahun

Selamat Siang, Dokter Dok, saya mau bertanya, saat ini saya sedang menjalankan program diet. dari kebanyakan video sharing diet di Youtube mereka menyarankan untuk sarapan dengan kalori rendah, siang dengan kalori yang tinggi seperti nasi dan malam tidak makan. Yang saya ingin tanyakan, apabila saya makan nasi di pagi hari, dan siang saya hanya makan makanan berkalori rendah, apakah sama saja dok ? Kemudian, apakah jika makan nasi di pagi hari malah membuat kita gemuk ? Mohon penjelasannya

10 Mei 2018, 22:54 WIB
dr. Rio Aditya
dijawab oleh: dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar diet yang tepat melalui fitur tanya dokter

Terdapat banyak cara untuk melakukan diet namun diet dengan cara tidak makan sama sekali sangatlah tidak tepat. Diet yang benar adalah bukan hanya sekedar mengurangi jumlah makanan saja melainkan mengganti apa yang anda makan. Sumber-sumber karbohidrat simpel diganti denganyang kompleks seperti oatmeal, gandum, ubi atau nasi merah yang dapat membuat anda kenyang lebih lama sehingga mengurangi jumlah makanan yang anda makan. Kemudian cara memasak, pilihan lauk dan bumbu serta minuman yang anda minum juga sangat berpenaruh. Hindari minuman yang menandung gula tinggi seperti soft drink ataupun jenis minuman lainnya agar tidak menambah jumlah kalori anda. 

Jika diet dilakukan tanpa olahraga maka akan menjadi percuma karena suatu saat nanti berat badan anda akan mudah naik kembali. Prinsip yang anda harus pegang adalah membakar kalori harus lebih banyak dibandingkan dengan kalori yang masuk. Kedua, sarapan tidak boleh dilewatkan karena merupakan sumber energi anda untuk sepanjang hari.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar diet yang tepat, Semoga bermanfaat.

10 Mei 2018, 22:54 WIB