Penanganan Luka Bakar

Info Penanya, wanita 17 Tahun

dokter, tangan kanan saya tersiram kuah panas hari senin mg lalu. di beberapa bagian tangan sempat melepuh dan sudah saya pecahkan. ada bekas hitam kayak sel kulit mati bulet gitu, pas di kopek jadi nimbulin bekas warna kulit kontras, bagaimana cara menyembuhkannya?

11 Mei 2018, 13:02 WIB
dr. Rio Aditya
dijawab oleh: dr. Rio Aditya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kita sering menjumpai kejadian luka bakar di kehidupan kita sehari-hari. Entah itu karena kompor meledak, tersiram air panas, tersemprot air aki, atau bahkan karena usaha bunuh diri. Namun kita sering sekali bingung mesti berbuat bagaimana. Yang sering kita lihat di lapangan adalah jika terjadi luka bakar segera olesi dengan sabun, kecap, bubuk, atau bahan-bahan yang lainnya.

Pada dasarnya, prinsip yang harus kita pegang jika kita menghadapi kejadian luka bakar adalah :

Jauhkan korban dari sumber  yang menyebabkan luka bakarHentikan proses terbakarAlirkan air biasa (jangan terlalu panas atau terlalu dingin) pada luka bakar. Cuci bersih bahan kimia (seperti air aki) dengan mengalirkan terus air selama 20 menit atau lebih. Lepaskan semua pakaian dan perhiasan yang mengganggu. Jika terdapat perlekatan pakaian pada kulit, gunting disekitarnya. Jangan berusaha untuk melepas pakaian yang sudah melekat pada kulit.  

Lakukan penilaian pertamaTangani semua hal yang mengancam nyawa. Jika kita tidak dapat menangani, segera panggil bantuan kesehatan

Tutup luka bakarGunakan bahan yang steril atau gel khusus untuk menutup luka bakar. Jangan gunakan mentega, salep, lotion, atau es pada luka bakar. Jangan memecahkan lepuh yang ada. Cairan yang ada di dalam lepuh nanti dapat dikeluarkan oleh dokter dengan cara yang steril. Jangan pula merobek/mengelupas kulit lepuhan.

Pertahankan korban dalam keadaan hangatBawalah korban luka bakar untuk berobat kepada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

11 Mei 2018, 13:02 WIB