Mata Silinder atau Minus?

Info Penanya, wanita 19 Tahun

Dokter saya kan periksa ke optik mata saya katanya silinder lalu ke optik lainnya malahan berbeda katanya mata sya minus. Lalu hal ini mana yg lebih benar? Tolong penjelasan nya dok

14 May 2018, 10:12 WIB
dr. Anita Amalia Sari
dijawab oleh: dr. Anita Amalia Sari

Terima kasih telah bertanya seputar mata silinder atau minus menggunakan fitur Tanya dokter

Kami memahami keluhan Anda. Untuk memastikannya sebaiknya Anda memeriksakan kembali ke dokter spesialis mata, agar hasil pemeriksaan lebih akurat. 

Apakah Anda melakukan pemeriksaan dalam jangka waktu yang dekat antar satu sama lain ? atau berjarak cukup jauh? Hasil pemeriksaan mata dapat berbeda jika dilakukan dalam jarak jauh misal 6 bulan. Selain itu, kemampuan seseorang yang memeriksanya juga dapat mempengaruhi.

Oleh sebab itu, kami sarankan Anda memeriksakan kondisi mata Anda ke dokter mata.

Mata minus atau Miopia disebut rabun jauh karena berkurangnya kemampuan melihat jauh tapi dapat melihat dekat dengan lebih baik. Miopia terjadi jika kornea (terlalu cembung) dan lensa (kecembungan kuat) berkekuatan lebih atau bola mata terlalu panjang sehingga titik fokus sinar yang dibiaskan akan terletak di depan retina. Pada dasarnya, progresivitas rabun jauh akan menjadi stabil mulai usia 20 tahun, artinya minus tidak akan bertambah, atau kalaupun bertambah hanya sedikit.

Silindris disebut juga astigmatisme, merupakan kelainan refraksi pada kornea atau lensa mata. Hal ini disebabkan karena kelengkungan kornea atau lensa mata tidak seragam.

Kelainan reftaksi pada astigmatisme menyebabkan banyangan jatuh tidak pada satu titik, akhirnya menyebabkan benda tampak kabur. Hal ini terjadi karena kelengkungan kornea  atau lensa yang tidak simetris seperti bola.

14 May 2018, 10:12 WIB