Cairan Vagina

Info Penanya, wanita 21 Tahun

Dokter saya mau tanya beberapa hari ini dari vagina keluar cairan bening yang lumayan banyak dan cairan itu seperti air dan bukan seperti keputihan. Saya baru sekitar 1 minggu selesai haid. Kira2 itu apa ya dok apakah berbahaya.

14 May 2018, 10:03 WIB
dr. Ellen Theodora
dijawab oleh: dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya tentang cairan vagina menggunakan layanan Tanya Dokter 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah terdapat keputihan? Keputihan yang tidak normal dapat menyebabkan bau yang tidak sedap pada daerah vagina.

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah bau tidak sedap tersebut antara lain:

Gunakan celana dalam yang terbuat dari katunHindari penggunaan celana yang sempitHindari produk yang menggunakan pewangi untuk membersihkan vaginaGanti pembalut secara berkalaMakan buah dan sayuran secara teraturBuang air kecil dan cuci segera kemaluan setelah berhubungan intim untuk membersihkan area vagina dari bakteriUntuk memastikan penyebab vagina yang berbau dan keputihan sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter umum atau spesialis kebidanan dan kandungan.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan tentang vagina berbau. Semoga membantu.

14 May 2018, 10:03 WIB